Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pelatihan Kader Malaria Pada Populasi Khusus, Langkah Nyata Menuju Eliminasi Malaria

Sebagai upaya pengendalian dan penanggulangan Malaria menuju Eliminasi Malaria di Provinsi NTB, Bidang P2P MZ Dinas Kesehatan Provinsi NTB melaksanakan Pelatihan Kader Malaria pada Populasi Khusus di wilayah Sumbawa yang meliputi tambang emas liar dan perkebunan jagung.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan selama 3 hari mulai 29 Agustus s/d 3 September 2022, di Hotel Grand Sumbawa ini merupakan langkah nyata penanggulangan malaria di Provinsi NTB dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat setempat sebagai kader malaria.

Penanggulangan malaria oleh kader dilakukan melalui upaya promotif, preventif (pencegahan) dan kuratif, yang bertujuan menurunkan angka kesakitan dan kematian, serta mencegah KLB. Untuk mencapai hasil yang optimal, upaya tersebut harus dilakukan dengan cara yang berkualitas dan komprehensif.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2018, pada populasi  khusus yaitu daerah yang masyarakatnya sulit mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, dan/atau perbekalan kesehatan, peran kader malaria dapat ditambahkan untuk pelaksanaan deteksi dini dan pemberian obat anti malaria. Rencananya, pelatihan ini akan diselenggarakan juga di Kabupaten Sumbawa Barat

4