Pelatihan Pencegahan Dan Pengendalian Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Pandu PTM) Tingkat Provinsi NTB

Pelatihan bertujuan agar peserta berperan sebagai pengambil kebijakan (Kepala Puskesmas/dokter) dalam pelayanan terpadu penyakit tidak menular di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, khususnya mampu menjelaskan PTM di FKTP, melakukan upaya pencegahan dan pengendalian PTM di FKTP, melakukan Penanggulangan PTM Terpadu di FKTP, menjelaskan sarana dan prasarana PTM terpadu di FKTP, melakukan Surveilans terpadu PTM di FKTP.  

Kegiatan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 21 s.d. 27 Juli 2019 di Hotel Lombok Astoria. Narasumber pada pelatihan ini berasal dari Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan RI. Pengajar adalah widyaiswara Bapelkes Mataram dan pengajar dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang pernah mengikuti TOT Pandu PTM.

Peserta pelatihan berjumlah 30 orang berasal dari 10 kabupaten/kota dengan kriteria tenaga kesehatan yang dikirim adalah dokter Puskesmas/Pengelola PTM Kab.Kota/Kepala Puskesmas, Tenaga Perawat di Puskesmas dan sudah pernah mengikuti pelatihan Posbindu serta minimal 2 tahun kedepan tidak dimutasi.

Pelatihan dilakukan dengan metode paparan, diskusi, praktek di kelas dan praktek lapangan di 2 Puskesmas di Kabupaten Lombok Barat (Puskesmas Banyumulek dan Gunungsari). DIharapkan dengan pelatihan Pandu PTM, tenaga kesehatan yang terlatih mampu memberikan pelayanan terpadu di wilayah kerja masing-masing sehingga berkontribusi pada penurunan angka kesakitan, kematian ataupun kecacatan akibat PTM…Mari bersama-sama selamatkan generasi bangsa…

Dokumentasi Kegiatan :

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook