Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Provinsi Nusa Tenggara Barat masih memiliki daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau baik melalui transportasi darat, laut maupun udara. Hal ini menyebabkan masyarakat setempat sulit untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

Disamping itu masyarakat setempat rata-rata memiliki tarap hidup menengah kebawah, sehingga membutuhkan perhatian lebih dari Pemerintah Daerah. Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu instansi dibidang kesehatan memiliki peranan penting dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat setempat.

Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) merupakan salah satu langkah pemerintah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam mensukseskan program Indonesia Sehat. .  Tujuan utama upaya pelayanan kesehatan adalah terselenggaranya upaya kesehatan yang tercapai (accessible), terjangkau (affordable) dan bermutu (quality) untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Strategi untuk mencapai masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat adalah meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dan salah satu  kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk meningkatkan akses pelayanan di masyarakat yaitu Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB).

Pelayanan Kesehatan Bergerak merupakan pelayanan yang dilakukan oleh Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (TPKB) dalam rangka meningkatkan akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil. Pelayanan kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kawasan terpencil dan sangat terpencil dilakukan melalui berbagai pendekatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan karakteristik masing-masing daerah dan kebutuhan masyarakat setempat.

Sasarannya adalah :

  • Masyarakat umum yang mempunyai masalah kesehatan di lokasi Pelayanan Kesehatan Bergerak
  • Siswa/siswi di sekolah Desa Tepal terutama di Kecamatan Batu Lanteh Kabupaten Sumbawa

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.