Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pembekalan Peserta PIDI Angkatan II Periode Mei 2021

Mataram – Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) untuk Provinsi NTB dimulai tahun 2012. Program Internsip Dokter Indonesia merupakan tahap pelatihan keprofesian praregistrasi berbasis kompetensi pelayanan primer guna memahirkan kompetensi yang telah mereka capai setelah memperoleh kualifikasi sebagai dokter melalui pendidikan kedokteran dasar.

Program Internsip Dokter Indonesia dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Rumah Sakit dan Puskesmas yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan disahkan sebagai wahana Internsip oleh Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) Pusat dan KIDI Provinsi.

Dalam rangka persiapan penempatan dokter internsip angkatan II tahun 2021, dilakukan Pembekalan Peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) pada masa Pandemi Covid 19 melalui webinar/daring yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 Mei 2021, yang juga diikuti oleh Sekretariat PIDI Pusat, KIDI Pusat, Sekretariat PIDI Provinsi, KIDI Provinsi, Pimpinan Wahana RS dan Puskesmas serta Dokter Pendamping. Sekretariat PIDI dan KIDI Provinsi NTB berada di seksi PSDMK Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Kegiatan Pembekalan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS. Dalam sambutanya mengatakan bahwa Provinsi NTB secara berkesinambungan mendapat kepercayaan menerima Peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI).  Sejak bulan Mei 2012 sampai dengan Mei 2021 Provinsi NTB telah menerima 1670 orang peserta PIDI yang terbagi atas 34 kali penempatan. Wahana pelaksanaan Program Internsip Dokter tersebar di 16 Rumah Sakit serta Puskesmas yang ada di 10 Kabupaten dan Kota di Provinsi NTB.

Pada periode Mei 2021 ini, Provinsi NTB menerima peserta PIDI sejumlah 18 orang yang tersebar di Rumah Sakit Risa Sentra Medika Mataram (6 orang), Puskesmas Perampuan (3 orang), Puskesmas Dasan Tapen (3 orang), Puskesmas Banyumulek (3 orang) dan Puskesmas Kuripan (3 orang).

Pembekalan di hari pertama di sampikan oleh : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB (dr. H.Lalu Hamzi Fikri,MM.,MARS), Sekretariat PIDI Pusat (Prof. Dr. dr. Sukman Tulus, Sp.A(K)), Ketua KIDI NTB (dr. Ima Arum Lestarini,Sp.PK.,M.Si.,M.Med), Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Nina Yulaida, SKM.,M.Kes).

Pembekalan di hari kedua disampaikan oleh Ketua IDI Wilayah NTB (dr. H. Doddy A. K, Sp.OG) dan materi pembekalan lainnya terkait kebijakan badan PPSDMK serta e-loogbook bagi peserta PIDI dan Dokter Pendamping.

Semoga kedatangan dan keberadaan para dokter internsip banyak memberikan manfaat bagi masyarakat NTB dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama dalam upaya percepatan penanggulangan dan pencegahan COVID-19 pada masa pandemi ini.

Diharapkan para dokter internsip selama menjalankan tugas internsip dapat berperan aktif dalam seluruh kegiatan pelayanan kesehatan khususnya terkait upaya pemberdayaan masyarakat dalam upaya kesehatan masyarakat.

Editor : Reny Yuli Aspiani

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.