Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pembentukan TPKJM Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Masalah Kesehatan Jiwa

Masalah Kesehatan jiwa merupakan masalah Kesehatan masyarakat yang kompleks dan perlu perhatian serta Kerjasama dari seluruh lintas sector. Untuk itu perlu ditingkatkan Kerjasama lintas sector terkait termasuk peran serta masyarakat dan kemitraan swasta, Lembaga social masyarakat, organisasi profesi secara terpadu dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi masalah Kesehatan jiwa sehingga dapat tercapainya target minimal 60% ODGJ mendapatkan pelayanan sesuai standar di Kabupaten Lombok Barat.

Gambaran jumlah kasus ODGJ di Kabupaten Lombok Barat tahun 2021 dari target 1.900 kasus baru mencapai 835 kasus (44%) ODGJ yang mendapatkan pelayanan sesuai dengan standart dengan kategori Psikotik akut dan Skizoprenia.

Dalam rangka memenuhi target minimal ODGJ yang mendapat pelayanan sesuai standar di Kabupaten Lombok Barat maka diadakan pertemuan pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) tingkat Kabupaten Lombok Barat yang bertugas melakukan upaya pencegahan dn penanggulangan masalah Kesehatan jiwa masyarakat di Kabupaten Lombok Barat tahun 2022.

Pertemuan diadakan pada hari Selasa, 15 Maret 2022 di Rumah Makan ”Sukma Rasa” Labu Api Lombok Barat  dengan tujuan :

  1. Meningkatkan pemahaman tentang kebijakan dan alur pencegahan dan penanggulangan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di Kabupaten Lombok Barat
  2. Melakukan upaya promotif dan preventif tentang kesehatan jiwa di Kabupaten Lombok Barat
  3. Melakukan evaluasi dan monitoring tentang kesehatan jiwa berdasarkan pada hasil bintek ke Puskesmas di kabupaten Lombok barat untuk disampaikan kepada program dan OPD terkait untuk dapat dilakukan tidak lanjut.
  4. Sebagai forum koordinasi antara pemangku kepentingan dan kebujakan dalam mengelola program kesehatan jiwa
  5. Membentuk Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) tingkat Kabupaten Lombok Barat.

Pertemuan ini diikuti oleh 42 peserta yang terdiri dari Koordinator Kesehatan Jiwa Puskesmas sebanyak 20 orang, Pendamping Disabilitas Kecamatan 1 orang tiap kecamatan sebanyak 5 orang, perwakilan Desa dan Lintas Sektoral  dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB, RSJ Mutiara Sukma dan Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat.

Adapun materi yang disampaikan meliputi pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM), Tatalaksana dan alur rujukan kasus kesehatan jiwa serta Evaluasi tugas masing-masing TPKJM

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.