PEMBINAAN KABUPATEN / KOTA SEHAT MENUJU SWASTISABA TAHUN 2021

Kabupaten/Kota sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa kegiatan dalam tatanan yang terintegrasi dan disepakati bersama antara masyarakat dengan pemerintah daerah.

Penyelenggaraan kab/kota sehat yang telah dicanangkan pada tahun 1988, secara bertahap telah dipahami dan dilaksanakan oleh kab/kota walaupun belum maksimal. Hal ini berkaitan dengan kebijakan otonomi daerah, dimana salah satunya daerah memiliki kewenangan dalam menentukan prioritas pembangunannya.

Ada 10 Tatanan Kab/Kota sehat yang sudah ditetapkan ditahun 2020 dan dikelompokkan berdasarkan kawasan dan permasalahan khusus :

  1. Kawasan permukiman. Sarana dan prasarana umum
  2. Kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi
  3. Kawasan pertambangan sehat
  4. Kawasan hutan sehat
  5. Kawasan industry dan perkantoran sehat
  6. Kawasan pariwisata sehat
  7. Ketahanan pangan dan gizi
  8. Kehidupan masyarakat yang mandiri
  9. Kehidupan sosial yang sehat
  10. Smart City

Pada pertengahan bulan November 2020 Dinas Kesehatan Provinsi NTB ( Seksi Kesling) bersama tim lintas sektor dan organisasi profesi ( Bappeda, PKK, Biro Kessos dan HAKLI) melaksanakan pembinaan Kabupaten/Kota sehat pada tiga lokasi.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan cara FGD di Kantor Bappeda Kab/Kota dengan menghadirkan peserta dari lintas sektor yang terkait, melalui pemaparan Kebijakan Kabupaten/Kota Sehat oleh Kepala Sub Dit Kesehatan dan Sosial Budaya Bappeda Provinsi NTB Taufik Hary Suryanto, SKM dan Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat oleh Burhanudin, SKM selaku Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi NTB di 3 Kabupaten/Kota.

Proses berjalan dengan baik dan lancar sehingga terbentuk kesepakatan dalam memilih tatanan Kabupaten/kota sehat menuju swastisaba dan siap diverifikasi tahun 2021 dengan tatanan yang sudah ditentukan masing masing. Yaitu

  1. Kabupaten Sumbawa 6 Tatanan menuju penghargaan kabupaten Wiwerda tahun 2021
  2. Kabupaten Sumbawa Barat 6 Tatanan menuju penghargaan kabupaten Wiwerda tahun 2021
  3. Kota Mataram dengan 8 Tatanan menuju penghargaan Wistara tahun 2021

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook