Pembukaan : Kegiatan Pemantapan Sikda Generik Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat

Mataram, 15 Mei 2017. Dalam rangka sosialisasi sistem pelaporan data berbasis elektronik, Kementrian Kesehatan Repoblik Indonesia menyelengarakan kegiatan Pemantapan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik tingkat Provinisi, yang dilaksanakan selama 5 hari (14-18 Mei 2017) yang di selengrarakan di Hotel Golden Tulip Mataram dan diharidiri oleh peserta dari Dinas Kesehatan dan petugas SIK kabupaten/kota serta seluruh puskesmas se pulau Lombok .

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekjen Kesmas, Dr. Untung Sutarjo, M.Kes dalam sambutanya beliau berharap setiap peserta  yang hadir mampu memahami dan mengimplementasikan SIKDA Generik, serta mampu menjadi fasilitator untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi Sikda Generik di instasi masing-masing dimana mereka bertugas.

Selain perwakilan dari Sekjen kesmas turut hadir dan memberikan sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provisnisi Nusa Tenggara Barat. Dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A Dalam paparannya beliau berharap dengan penerapan Sikda Generik di lingkungan kesehatan distribusi dan aliran data dapat dilakukan melalui satu pintu sehingga dapat menjamin keseragaman data pada level kabupaten, provinsi hingga pusat, tidak hanya menyangkut integrasi data, Kadikes Prov NTB juga menghimbau kepada segenap pelaku SIK pada lingkungan kesehatan agar dapat melakukan pengamanan dan proteksi terhadap data-data. Baik dari ancaman virus ataupun pencurian data. Beliau meminta agar setiap pelaku pengolah data dapat membackup data  dengan mengadakan vasilistas – vasilitas pendukung yang diperlukan untuk pegamanan data.