Pemprov NTB Memulangkan 54 Dokter Internsip

Kegiatan Program Internship Indonesia (PIDI) Angkatan III Tahun 2018-2019 di Provinsi NTB

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., MPH membuka secara resmi acara Pemulangan Peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan III, antara Pemprov NTB dengan Kementerian Kesehatan RI. Selasa 17 September 2019 di Hotel Grand Legi Mataram. Kegiatan yang difasilitasi oleh Seksi SDMK Dinas Kesehaatan Provinsi NTB tersebut akan memulangkan 54 Orang Peserta PIDI, Seorang peserta PIDI dinyatakan belum selesai  karena sedang cuti melahirkan.

Dalam sambutannya dr. Eka menyampaikan bahwa pelaksanaan Program Internsip kali ini cukup baik dimana seluruh peserta PIDI yang bertugas di Provinsi NTB dapat melaksanakan tugasnya dengan hasil yang memuaskan. Kendati saat itu Provinsi NTB sedang dilanda bencana Gempa Bumi namun tidak mengurungkan niat dan semangat para Dokter Muda tersebut untuk mengabdikan diri dan melayani kesehatan masyarakat NTB, serta menggali Ilmu secara langsung dengan menangani kasus-kasus real di lapangan. Keberhasilan meraka tidak lepas dari bantuan Dokter Pendamping di masing-masing wahana yang dengan sabar membimbing para dokter muda untuk melatih skill kedokteran mereka setelah menempuh Pendidikan di bangku perkuliahan.

Sejak PIDI di mulai pada tahun 2012 lalu pelaksanaan PIDI di Provinsi NTB terus mengalami peningkatan, Hingga tahun 2019 Provinsi NTB telah menerima Dokter Internsip sebanyak 25 Angkatan yang mencapai 1327 Orang. Dan beberapa di antara mereka telah mendapatkan beasiswa untuk meneruskan Pendidikan Kedokteran mereka pada level Internasional “ungkap dr. Eka”. Hal ini menunjukkan bahwa Provinsi NTB menjadi daerah yang cukup sukses dan diminati sebagai tempat pelaksanaan Dokter Internsip. Ucapan terima kasih secara khusus disampaikan Kepala Dinas Kesehatan kepada seluruh Peserta PIDI dan Para Dokter Pendamping karena keberadaan mereka selama satu tahun di NTB cukup membantu Pemerintah Daerah Khususnya Dinas Kesehatan dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat NTB khususnya bagi pemulihan kesehatan pasca bencana Gempa Bumi.

Pelaksanaan Program Internsip Dokter Indonesia Angkatan III ini dilaksanakan pada 3 wahana di Provinsi NTB. Antara Lain

  1. RS Islam Siti Hajar Mataram dan Puskesmas Pejeruk sebanyak 18 Orang
  2. RS Risa Sentra Medika Mataram dan Puskesmas Tanjung Karang Sebanyak 18 Orang
  3. RS H. L Manambai Abdulkadir dan Puskesmas Moyohilir sebanyak 18 Orang.
Peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan III 2018-2019

Acara ditutup dengan Serah Terima Peserta PIDI Angkatan III antara Pemerintah Daerah Provinsi NTB yang di wakili oleh Kepala DInas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, MPH dengan Kementerian Kesehatan RI yang diwakili oleh dr. Setyo Widi Nungroho, Sp.BS di Aula Pertemuan Hotel Grand Legi Mataram. Selasa, (17/09/2019). Dalam sambutannya dr. Setyo berpesan kepada para Dokter Muda yang baru saja menyelsaikan Program Internsipnya di Provinsi NTB, bahwa dalam menghadapi era globalisasi 15 tahun kedepan para Dokter Muda Indonesia memiliki tantangan yang lebih berat dimana mereka dituntut mampu bersaing dengan Dokter-Dokter dari Luar yang bisa dengan bebas bekerja di Indonesia. Untuk Itu Dokter Indonesia diharapkan manyiapkan diri untuk menghadapi tantangan tersebut.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook