Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pemprov NTB Terima 37 Peserta PIDI Angkatan III Tahun 2019

Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali menerima peserta PIDI (Program Internsip Dokter Indonesia) Angkatan III Tahun 2019. Serah terima peserta antara Pemprov NTB yang di wakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A MPH dengan Kementerian Kesehatan RI yang diwakilli oleh Sekertaris KIDI Pusat dr. Rini Rachmawati, Mars berlangsung di Hotel Grand Legi Mataram. Kamis, 17 Oktober 2019.

Peserta PIDI kali ini berjumlah 37 Orang dari 14 Universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. (Fakultas Kedokteran Unram, Universitas Al-Azhar, Universitas Trisakti, Universitas Sumatra Utara, Universitas Gajah Mada, Universitas Muhamadiah Yogyakarta, Universitas Wijaya Kusuma, Universitas Brawijaya, Universitas Hangtuah, Universitas Islam Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Indonesia, Universitas Muhamadiyah Makasar dan Universitas Sam Ratulangi).

Program Interensip Dokter Indonesia bertujuan untuk mendapatkan kewenangan atau registrasi sebagai Dokter bagi mashasiswa kedokteran yang telah menyelesaikan pendidikannya. Program Internsip Dokter Indonesia merupakan amanah dari Undang – Undang No.20 Tahun 2013 yang dijabarkan dalam Permenkes No.39 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Program Internsip Dokter Indonesia.

Di Indonesia Program Internsip Dokter Indonesia telah dilaksanakan sejak tahun 2010 dengan jumlah peserta 59.725 Orang yang berasal dari 73 Fakultas Kedokteran yang tersebar di 34 Provinsi, dengan jumlah wahana 440 yang terdiri dari 224 Rumah Sakit, 232 Puskesmas serta 657 Dokter Pendamping. Sementara itu Provinsi Nusa Tenggara Barat telah melaksanakan Program Internsip sejak tahun 2012 dengan jumlah peserta 1.364 Orang, 1145 diantaranya sudah selesai.

Program Internsip Dokter Indonesia merupakan proses pemantapan mutu profesi Dokter untuk menerapkan kompetensi yang di peroleh selama Pendidikan secara terintegritas, komprehensip mandiri, melalui program internsip para calon dokter yang baru lulus akan menerapkan ilmunya secara nyata dengan ikut serta menangani kasus-kasus real di lapangan.

Peserta PIDI Angkatan III tahun 2019 di Provinsi NTB kali ini akan ditempatkan pada 4 wahana, yaitu Rumah Sakit Siti Hajar Mataram dan Puskesmas Pejeruk, Rumah Sakit Risa Sentra Medika, serta 2 wahana baru yaitu Rumah Sakit Islam Yatofa Praya, Rumah Sakit Dr. Agung Bima dan Puskesmas Paragu Bima.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Eka mengucapkan terima kasih kepada seuruh peserta PIDI atas kepercayaannya memilih Provinsi NTB sebagai tempat untuk melaksanakan Program Internsip. Lanjut dr. Eka berpesan kepada seluruh peserta bahwa masing-masing peserta harus memperhatikan hubungan dengan orang-orang sekitar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kegiatan ditutup dengan acara Serah Terima Peserta PIDI yang berlangsung di Ball Room Hotel Grand Legi Mataram Rabu, (17/10/2019) antara Kementrian Kesehatan RI dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB serta antara Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Dokter Pendamping di masing-masing wahana

Peserta PIDI Wahana RS Siti Hajar dan Puskesmas Pejeruk
Peserta PIDI RS Risa Sentra Medika
Peserta PIDI RS Yatofa Praya
Peserta PIDI RS dr. Agung Kota Bima dan Puskesmas Paruga

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.