Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pemutakhiran Data Kesehatan Tingkat Provinsi NTB

Data dan informasi kesehatan diperoleh melalui penyelenggaraan sistem informasi kesehatan, baik dari  fasilitas pelayanan kesehatan, unit-unit kesehatan lainnya, sektor terkait, maupun dari hasil berbagai survei. Sistem Informasi Kesehatan diharapkan dapat menghasilkan data dan informasi kesehatan yang lengkap, akurat, dan terkini sehingga dapat dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan/kebijakan bidang kesehatan di Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pusat.

Selain itu Sistem Informasi kesehatan Kabupaten / Kota sebagai unsur yang penting bagi pelaksanaan Pembangunan Daerah berwawasan kesehatan di Kabupaten/ Kota yang bersangkutan, oleh karena itu sistem ini diharapkan dapat menyediakan data dan informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai kebutuhan sebagai landasan bagi para penentu kebijakan dalam pengambilan keputusan berdasarkan fakta.

Untuk menghasilkan data dan informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai kebutuhan  atau yang berkualitas maka Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi Datin dan Litbangkes Bidang SDK mengadakan Pertemuan Pemutakhiran Data Kesehatan Tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Golden Palace Mataram pada tanggal 19 – 22 Mei 2021.

Kepala Dinas kesehatan Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS, pada pembukaan kegiatan menekankan perlunya ketersediaan data yang valid, beliau menyampaikan bahwa kata data berasal dari bahasa Yunani yaitu “Datum” yang berarti fakta, jadi data merupakan suatu fakta, data sangat penting khususnya di dunia kesehatan,  jika terjadi manipulasi data maka akan berakibat fatal.  Oleh karena itu data yang disajikan harus sesuai dengan fakta yang tersusun secara terstruktur berkorelasi dengan fakta sebagai landasan utama dalam pengambilan kebijakan kesehatan.

Selanjutnya beliau mengharapkan kepada para peserta untuk memvalidasi data yang akan ditampilkan. Seluruh peserta yang terlibat merupakan pengelola data program di Dinas Kesehatan Provinsi dan penyusun profil kesehatan Kabupaten/Kota.

Pertemuan Pemutakhiran Data Kesehatan rutin diadakan setiap tahun dengan  mengundang peserta dari seluruh pengelola data program di Dinas Kesehatan Provinsi dan penyusun profil kesehatan Kabupaten/Kota. 

Pertemuan ini bertujuan untuk menyediakan data yang valid, lengkap dan akurat sebagai bahan penyusunan dokumen profil kesehatan di Dinas Kesehatan Provinsi yang ideal, juga untuk mensosialisasikan informasi terkini terkait sistem informasi kesehatan.

Narasumber dari Pusdatin menyampaikan materi tentang Analisis Data Profil Kesehatan, sedangkan dari Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan menyampaikan materi mengenai Kebijakan Sistem Informasi Puskesmas. Materi selanjutnya adalah Konfirmasi Data Set Prioritas, Data SPM, Data Dasar Puskesmas Tahun 2020, Juknis Profil Kesehatan dan Mekanisme Desk Lampiran Profil Kesehatan Tahun 2020 yang disampaikan oleh Kepala Seksi Datin dan Litbangkes.

Kemudian  pada pertemuan ini dilakukan kegiatan desk data / validasi data antara penyusun profil kesehatan Kabupaten/Kota dengan pengelola data program di Dinas kesehatan Provinsi NTB.

Diakhir pertemuan yang dilaksanakan selama 4 hari dihasilkan beberapa kesepakatan diantaranya adalah :

  1. Dokumen Profil Kesehatan merupakan dokumen yang sangat penting dalam penyediaan informasi tentang pelayanan kesehatan, oleh karena itu harus disusun dengan memperhatikan validitas, reliabilitas dan ketepatan waktu.
  2. Data Profil Kesehatan hasil pemutakhiran yang final, hasil validasi data antara pengelola data program di Provinsi dan penyusun profil kesehatan Kabupaten/Kota, agar segera di sampaikan kepada Seksi Datin dan Litbangkes paling lambat tanggal 27 Mei 2021.

Bahan perencanaan dan evaluasi program kesehatan Tahun 2021, agar menggunakan data sasaran Tahun 2021 yang telah ditetapkan dan disepakati.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.