Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Penggalangan Komitmen Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Provinsi NTB 2017

PENGGALANGAN KOMITMEN PELAKSANAAN

GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)

DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2017.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan salah satu program unggulan di bidang kesehatan yang digagas oleh Presiden RI Joko Widodo untuk menurunkan kesakitan dan kematian karena penyakit tidak menular, menurunkan pembiayaan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pelaksanaannya di lapangan membutuhkan komitmen dan dukungan dari pemerintah daerah, aparatur pemerintah, dan organisasi masyarakat. Dalam rangka penggalangan komitmen Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten dan Organisasi Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melaksanakan Pertemuan Penggalangan Komitmen Pelaksanaan GERMAS di Provinsi NTB bertempat di Hotel Aruna Senggigi pada tanggal 27 s.d 29 April 2017. Diikuti oleh 35 orang peserta dari lintas program dan lintas sektoral serta organisasi masyarakat di NTB. Selain materi GERMAS, dalam pertemuan ini disampaikan 2 program unggulan di NTB dalam mendukung GERMAS yaitu posyandu keluarga dan ASN Segar dan Bugar (ASGAR). Pertemuan ini menghasilkan komitmen pelaksanaan GERMAS di Provinsi NTB yang dituangkan dalam bentuk Nota Kesepakatan ditandatangani oleh semua peserta pertemuan yang isinya antara lain :

  1. Penyediaan lingkungan sehat seperti air bersih, jamban sehat dan budaya pembuangan sampah pada tempat.

  2. Penyediaan penganan sehat dari buah dan sayur pada saat rapat-rapat SKPD.

  3. Peningkatan kebugaran dengan melakukan senam peregangan di tempat kerja 2 kali sehari pada pukul 10.00 dan 14.00 di lingkungan kerja SKPD.

  4. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala melalui posbindu di lingkungan kerja SKPD.

  5. Mengembangkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan kerja SKPD, tempat pelayanan kesehatan dan institusi pendidikan.

  6. Aktif melakukan sosialisasi dan edukasi hidup sehat kepada ASn dan masyarakat umum.

  7. Mempersiapkan dan melakukan kampanye GERMAS yang melibatkan organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, dan masyarakat umum di 3 kabupaten lokus (Kabupaten Bima, Lombok Tengah dan Lombok Barat).

 

Editor : Sugeng W.

Foto Kegiatan :