Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pengolahan Dan Finalisasi Data SDM Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten

Pertemuan pengolahan dan finalisasi data Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) bertujuam untuk rekonsiliasi data SDM Kesehatan di Kabupaten Lombok Tengah dengan hasil yang diharapkan berupa data SDMK yang lengkap, akurat dan terkini. Data SDMK tersebut akan dijadikan sebagai bahan bank data SDMK tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan tingkat Nasional. Sehingga terjadi sinergi dari tingkat Daerah hingga tingkat Pusat.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari bertempat di Hotel Grand Royal B.I.L Lombok pada hari Kamis tanggal 23 Mei 2019 yang dihadiri oleh para pengelola data SDMK pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah dan swasta (Puskesmas, RSUD, RS swasta dan klinik). Kegiatan ini difasilitasi oleh Seksi Pengembangan SDMK, Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Penelitian Pengembangan, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah. Pertemuan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, H. Omdah, SKM., M.M.

Pertemuan ini juga mensosialisasikan instrumen pengumpulan data SDM Kesehatan berbasis web (Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan, SISDMK), jika sebelumnya instrumen pengumpulan data hanya dapat dilakukan melalui format Microsoft Office Excel  (Form A1-A5) yang bersifat pengisian secara offline maka saat ini proses pengisian atau entry data SDMK dipermudah dengan tersedianya instrumen pengisian online melalui website http://www.sisdmk.bppsdmk.kemkes.go.id

Para peserta mendapatkan pemaparan dari fasilitator Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Lombok Tengah mengenai cara input data SDMK secara online, sekaligus dibarengi praktek dan diskusi permasalahan. Dasar penginputan data SDMK secara online tersebut tetap harus menggunakan form offline A1-A5 sebagai acuan pengisian.

Secara umum kegiatan tersebut berjalan lancar dan seluruh peserta telah terpapar oleh instrumen pengumpulan data SDMK berbasis web. Diharapkan para pengelola data SDMK di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah dapat merampungkan dan mengumpulkan rekapitulasi data SDMK secara offline dan online sesuai dengan tenggat waktu yang sudah disepakati bersama, yaitu tanggal 14 Juni 2019.

Pertemuan serupa sebelumnya juga telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Mataram pada tanggal 2 Mei 2019 yang diselenggarakan di Hotel Puri Indah Mataram. Hadir dalam pembukaan acara tersebut dan sekaligus membuka acara pertemuan tersebut Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Mataram bapak drg. H. Ahmad Zulfikar, M.M. Pertemuan Pengolahan dan Finalisasi Data SDM Kesehatan Tingkat Kota Mataram tahun 2019 memfasilitasi 2 (dua) Rumah Sakit Pemerintah, 9 (sembilan) Rumah Sakit Swasta, 4 (empat)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.