Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Penguatan Peranan K3 Perkantoran Penting Dalam Upaya Pencegahan dan Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

Hal ini dibahas dalam kegiatan
Pembinaan Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesjaor) di Puskesmas Masbagik, Kab. Lombok Timur pada hari Senin, 24/8/2020

Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB yang melakukan pembinaan serta monitoring evaluasi untuk program Kesjaor dengan didampingi pengelola program dari Dikes Lombok Timur, ditemui secara langsung oleh Kepala TU selaku PLT Puskesmas Masbagik didampingi staf yang mengelola Program Kesjaor.

Melalui kunjungan tersebut diketahui di wilayah kerja Puskesmas Masbagik terdapat 9 Pos UKK yang bergerak dibidang usaha kasur, tembakau, kerupuk, pengolahan kayu, barang bekas, tahu, roti, dan tani. Kesemuanya oleh pengelola program kesjaor sejauh ini sudah dilakukan pembinaan dan edukasi untuk penggunaan APD dalam aktivitas kerjanya, minimal pelaku usaha memperhatikan penggunaan masker, celemek dan sarung tangan. Namun untuk kegiatan senam bersama dalam beberapa bulan terakhir ini tidak dapat dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

Demikian halnya di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, dimana banyak terjadi penyebaran Covid-19 pada kluster perkantoran, maka K3 Perkantoran juga dirasakan penting peranannya dalam hal pemantauan dan peningkatan edukasi kepada pegawai kantor, khususnya di lingkup Puskesmas Masbagik dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sementara Sistem Informasi Terpadu Kesehatan Kerja dan Olahraga (SITKO) di Puskesmas Masbagik hingga kini belum berjalan. Sehingga diharapkan pengelola program secara perlahan dapat memulai penggunaan aplikasi tersebut.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.