Pengukuran Kebugaran Tim Kesehtan Haji Indonesia (TKHI) Provinsi NTB

Dalam rangka mempersiapkan Tim Kesehatan Haji yang sehat dan bugar, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan tes kebugaran. Kegiatan ini merupakan rangkaian pelatihan TKHI Provinsi NTB di Bapelkes Mataram. Kegiatan dilakukan pada hari Minggu, 25 Februari 2019 di Halaman Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Selagalas Mataram. Kegiatan di mulai jam 06.00 s.d 08.00 dengan jumlah peserta 21 orang terdiri dari tenaga perawat dari Puskesmas dan RS Se-NTB.

Kegiatan diawali dengan pengukuran TB, BB, denyut nadi, tekanan derah dan Indeks Masa Tubuh. Selanjutnya peserta diminta berlari atau jalan cepat di lintasan sepanjang 1,6 meter tanpa henti. Setelah lari atau jalan cepat, setiap peserta diukur waktu tempuh, denyut nadi dan tekanan darahnya. Hasil pengukuran ini menjadi dasar penentuan tingkat kebugaran peserta.

Tingkat kebugaran dikategorikan menjadi 3 yaitu Tingkat Kebugaran Baik, Cukup dan Kurang. Dari 21 peserta, hanya 5 orang tingkat kebugarannya baik. Sisanya 3 orang kategori Kurang dan 13 orang Cukup. Kemudian setiap peserta diberikan konseling tentang pola hidup sehat yang wajib diterapkan oleh masing-masing peserta agar tingkat kebugarannya terjaga atau meningkat dari sebelum berangkat, selama di Tanah Suci dan Pulang.

Secara khusus disampaikan tentang jenis olah raga dan frekuensinya sesuai tingkat kebugaran peserta. Tidak semua jenis olah raga aman bagi setiap orang tergantung tingkat kebugarannya seperti Sepak Bola tidak aman bagi orang yang tingkat kebugarannya cukup apalagi kurang. Hasil pengukuran ini dituangkan dalam bentuk Kartu Menuju Bugar (KMB) sepertinya KMS-nya balita. KMB diserahkan kepada peserta untuk dibawa pulang dan dipelajari.

Foto Kegiatan :


Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook