Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Peningkatan Asupan Gizi Seimbang Upaya Percepat Penanggulangan TBC pada Balita

Upaya perbaikan gizi masyarakat sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat, antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses dan mutu pelayayan gizi serta kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan  teknologi.

Penyakit Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi akibat kuman mycobaterium tuberculosis yang ditularkan langsung dari manusia ke manusia melalui percikan dahak. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab infeksi kronik menular yang masih menjadi masalah kesehatan. Setiap Tahun terdapat 98 ribu kematian karena TBC, kasus TBC meningkat sejak tahun 2017. Pada tahun 2020 dilaporkan 35 pasien TBC meninggal karena covid dan ada 98 pasien covid komorbid TBC. Tahun 2024 ditargetkan insidensi TBC menurun menjadi 190 per 100.000 penduduk dan kematian akibat TBC menurun menjadi 27 per 100.000 penduduk.

Saat ini di dunia termasuk Indonesia sedang menghadapi wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan telah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO dan dipredikasi masih akan terus berlangsung sampai tahun 2021 karena sampai saat ini belum ditemukan vaksin dan obatnya. Salah satu cara untuk mencegah penularan COVID-19 adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar dapat memperkuat imunitas tubuh. Balita merupakan kelompok yang rentan terhadap penularan COVID-19 dan akan semakin berisiko jika balita dalam kondisi status gizi stanting/wasting dan balita penderita TBC . Pandemi COVID-19 juga berdampak pada masyarakat miskin yang banyak kehilangan pekerjaan dan pendapatannya sehingga semakin terbatas dalam memberikan asupan gizi seimbang untuk keluarganya.

Untuk itu Seksi Gizi dan Promkes Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengadakan kegiatan Sosialisasi Upaya Peningkatan Asupan Gizi Seimbang dalam rangka percepatan penanggulangan TBC pada Balita di Kabupaten Bima dan Kabupaten Lombok Barat, Selasa (02/11/2021)  di Hotel Aruna Senggigi.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menjelaskan dan menyamakan persepsi terkait pelaksanaaan kegiatan Peningkatan Asupan Gizi Seimbang dalam rangka Percepatan Penanggulangan TBC pada Balita di Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Bima serta mendapatkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan lintas sektor dan lintas program sehingga tercapai indikator program di tingkat provinsi.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari Provinsi NTB sedangkan berasal dari lintar sektor maupun lintas program sebanyak 25 orang dan peserta dari Kabupaten Bima dan Kabupaten Lombok Barat yang terdiri dari Kepala Bidang  Kesmas,   Kepala  Seksi Gizi, Kepala Seksi Surveilens serta Penanggung Jawab Program Gizi dan TB masing -masing 15 orang.

Adapun sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah dari Direktorat Gizi Kementerian Kesehatan RI, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kepala Seksi Gizi dan Promkes Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Poltekes Kemenkes Mataram.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS,

Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menurunkan Stunting dan penanaggulangan TBC pada balita serta memaksimalkan pelacakan kasus diini sehingga cepat diintervensi melalui posyandu keluarga.

Beliau juga menekankan pentingnya dukungan dari Stakeholder baik lintas program maupun lintas sektor agar sesuai dengan perannya masing-masing sehingga Outcomenya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di  NTB .

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.