Peningkatan Cakupan Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Bagi Ibu Hamil Dan Remaja Putri, Sosialisasi Suplementasi Gizi Bagi Lintas Program/Lintas Sektor Tingkat Provinsi NTB Tahun 2017

By           : Seksi Gizi Masyarakat Provinsi NTB@2017

Penulis : Muhammad Johansyah, S.Gz.,MPH

Editor    : PPID/SIK Dikes Prov. NTB

 

Dinas Kesehatan Provinsi NTB Program Gizi (3 s/d 6 Mei 2017). Masalah gizi kurang pada anak berkelanjutan pada wanita usia subur, yang akan melahirkan anak dengan risiko BBLR, disertai dengan masalah anemia dan gizi mikro lainnya, seperti kurang yodium, selenium, kalsium, dan seng. Faktor penyebab langsung dari masalah gizi kurang ini berkaitan dengan konsumsi gizi. Pada periode 1995-2000 an, masih dijumpai hampir 50% rumah tangga mengkonsumsi makanan kurang dari 70% terhadap angka kecukupan gizi yang dianjurkan (2200 Kkal/kapita/hari; 48 gram protein/kapita/hari).

Analisis Hasil Pemantauan Status Gizi dan  Keluarga Sadar Gizi Tahun 2016 untuk balita usia 0-59 bulan menunjukkan bahwa Indeks berat badan menurut umur (BB/U) angka gizi kurang sebesar 17,2%, yang artinya bahwa Provinsi NTB berada pada kategori wilayah rawan gizi kurang.  indeks berat badan menurut panjang badan (BB/PB) atau tinggi badan (BB/TB), prevalensi Kekurusan (sangat Kurus dan kurus sebesar 9,7% yang menunjukkan bahwa Provinsi NTB berada pada kategori wilayah rawan. Demikian pula untuk indeks panjang badan atau tinggi badan menurut umur (PB/U atau TB/U), prevalensi kependekkan  30% yang menunjukkan bahwa NTB merupakan wilayah dengan masalah stunting.

Analisis situasi yang terus menerus, baik dalam bentuk besarnya masalah maupun faktor-faktor yang berkaitan dengan masalah tersebut, perlu dilakukan mulai dari tingkat administrasi terendah di tingkat desa sampai dengan tingkat nasional. Disamping itu telah dikembangkan pelaporan pembinaan gizi berbasis web melalui sigizi. Validasi data  gizi buruk diperlukan dalam rangka menegakkan diagnosa kasus gizi buruk yang dilaporkan.  Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan surveilans di tingkat Puskesmas. Pertemuan Sosialisasi Suplement Gizi bagi Lintas Program/Lintas Sektor  di Provinsi ini diperlukan untuk memperoleh gambaran besarnya masalah gizi dan disepakatinya  upaya pencegahan dan penanggulangan yang dapat dilakukan di tingkat Kecamatan/Puskesmas, kabupaten/ kota maupun ditingkat provinsi.

                                                                                                                        Disetujui,

Kasi Gizi Masyarakat Dikes Prov. NTB

Mungkin Anda Menyukai

Pilih Bahasa »
Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook