Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan Upaya Wujudkan Perbaikan Gizi Masyarakat

Rangkaian kegiatan Monitoring dan Evaluasi (monev) Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan (nakes) dalam upaya percepatan perbaikan gizi  masyarakat dilakukan pada Bulan Mei 2022.

Kegiatan monev tersebut mulai dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Kamis, 19 Mei 2022. 

Tim Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Dinas Kesehatan Lombok Timur berkoordinasi tentang mekanisme bimbingan teknis yang akan dilakukan ke posyandu keluarga dan puskesmas. Setelah berkoordinasi, kegiatan monev dilanjutkan ke Posyandu Keluarga Kamboja, di Kecamatan Kalijaga, Kabupaten Lombok Timur.

Tim melakukan bimbingan teknis kepada kader-kader posyandu di lapangan, salah satunya terkait cara pengukuran tinggi badan dikarenakan banyak kader yang masih belum menerapkan pengukuran tinggi badan secara terstandarisasi. Diantara 5 kader yang coba diuji oleh tim monev, hasil pengukuran tinggi badan yang didapatkan berbeda-beda (98 cm, 98 cm, 99 cm, 97,3 cm, dan 97,2 cm) dan hasil tersebut juga berbeda dengan pengukuran yang telah dicatat (99,3 cm).

Setelah melakukan pembinaan ke Posyandu Keluarga Kamboja, tim Dinas Kesehatan Provinsi NTB melanjutkan kegiatan bimbingan teknis ke Puskesmas Kalijaga. Salah satu hal yang paling disoroti adalah terkait penyimpanan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Balita dan Ibu Hamil yang belum sesuai dengan SOP.

Masukan-masukan dari tim Dinas Kesehatan Provinsi NTB di tuangkan dalam bentuk dokumen hasil monitoring dan evaluasi. Dokumen tersebut kemudian ditandatangani oleh ketiga belah pihak, yaitu perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dinas Kesehatan Kab. Lombok Timur, dan Puskesmas Kalijaga sebagai bentuk komitmen pemangku kebijakan terkait untuk perbaikan bersama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, salah satunya adalah peningkatan kapasitas kader melalui kegiatan Orientasi atau Refreshing Kader Posyandu melalui Dana Desa yang di usulkan oleh puskesmas.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.