Pertemuan Evaluasi Program Kesehatan Kerja dan Olah Raga Tingkat Provinsi NTB

Kesehatan Kerja  adalah Upaya yang ditujukan untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan, sedangkan Kesehatan Olah Raga merupakan Upaya Kesehatan yang memanfaatkan olahraga atau latihan fisik untuk meningkatkan derajat kesehatan.

Kesehatan kerja dan Kesehatan Olah Raga atau Kesjaor merupakan program pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang sehat, bugar dan produktif khususnya pada lingkup kerja. (mengacu pada Undang-Undang No.36 Tahun 2009 Tantang Kesehatan, pasal 80 & 81).

Sejak Pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia Program Kesjaor sempat dihentikan untuk sementara waktu khususnya di Provinsi NTB, namun menjelang era new normal program ini kembali dilaksanakan dan dihidupkan kembali. Pada tanggal 15-17 November 2020, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melaksanakan Pertemuan Evaluasi Program Kesehatan Kerja Tingkat Provinsi NTB. Pertemuan yang melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota Se-NTB tersebut di laksanakan di Hotel Lombk Plaza Mataram.

Pertemuan tersebut terlaksana guna mengevaluasi kembali pelaksanaan Kesjaor di masing-masing kabupaten, terkait pendanaan dan tata cara pelaksanaan di era new normal selama pandemi covid-19. Dan untuk mencapai target yang di tetapkan pemerintah yaitu 308 Kabupaten / Kota yang melaksanakan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga pada tahun 2020,  334 Kabupaten / Kota pada tahun 2021, 360 Kabupaten / Kota pada tahun 2022, 385 Kabupaten / Kota pada tahun 2023 dan 411 Kabupaten / Kota pada tahun 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Provvinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., MPH dalam sambutannya meminta agar Program Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga juga perlu di persiapkan untuk mendukung pergelaran MotoGP pada tahun 2021, sehingga setelah pertemuan berakhir Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota di harapkan dapat berkoordinasi dengan BPJS Ketenaga Kerjaan terkait reqruitmen tenaga kerja dalam mendukung pergelaran MotoGP 2021 Mandalika.

Pertemuan yang berlangsung selama 3 hari tersebut menghasilkan 7 Poin Kesepakatan :

KESEPAKATAN DAN RENCANA TINDAK LANJUT PERTEMUAN

EVALUASI KESEHATAN KERJA DAN OLAHRAGA TK.PROVINSI

TANGGAL 15-17 NOPEMBER 2020

 DI HOTEL LOMBOK PLAZA, JL.PEJANGGIK NO.8 CAKRANEGARA

=========================================================

  1. DINAS KESEHATAN KAB./KOTA MENINGKATKAN CAPAIAN INDIKATOR/PROGRAM KESJAOR MULAI TH.2020 -2024 MINIMAL 70% PUSKESMAS DIWILAYAHNYA MELAKSANAKAN KESEHATAN KERJA DAN OLAHRAGA LEVEI 1 MULAI TAHUN 2021
  2. DINAS KESEHATAN KAB.KOTA MEMBUAT SK/SE/PERBUB/WALI YG MENDUKUNG PELAKSANAAN PROGRAM KESJAOR DI KAB./KOTA YG DITANDATANGANI OLEH BUPATI/WALI KOTA
  3. DINAS KESEHATAN KAB./KOTA MEMBUAT TARGET SERTA UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN JUMLAH POS UKK DI SETIAP TAHUNNYA
  4. DINAS KESEHATAN KAB./KOTA MENDATA JUMLAH PERUSAHAAN DAN JUMLAH PEKERJANYA
  5. DINAS KESEHATAN KAB.KOTA MELAKSANAKAN PEREGANGAN DI TEMPAT KERJA
  6. DINAS KESEHATAN KAB./KOTA MELAKUKAN SOSIALISASI PENGUKURAN KEBUGARAN JASMANI  SECARA MANDIRI MELALUI APLIKAS SIPGAR
  7. DINAS KESEHATAN KAB./KOTA MELAPORKAN CAPAIAN PROGRAMNYA MELALUI APLIKASI SITKO.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook