PERTEMUAN KOORDINASI, ADVOKASI DAN SOSIALISASI IMPLEMENTASI LIMA PILAR STBM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Tantangan pembangunan sanitasi di Indonesia adalah masalah sosial budaya dan perilaku penduduk yang terbiasa buang air besar di sembarang tempat, khususnya kebadan air yang juga digunakan untuk mencuci, mandi dan kebutuhan higienis lainnya. Serta buruknya kondisi sanitasi merupakan salah satu penyebab kematian anak di bawah 3 tahunya itu sebesar 19% atau sekitar 100.000 anak meninggal karena diare setiap tahunnya dan kerugian ekonomi diperkirakan sebesar 2,3% dari Produk Domestik Bruto.
Masih banyaknya permasalahan sanitasi di beberapa daerah diantaranya cakupan pembangunan, penyebaran penduduk dan kondisi geografis yang sangat beragam, terbatasnya pengetahuan dan perilaku higienis masyarakat, belum adanya kebijakan komprehensif lintas sektor untuk menyediakan fasilitas sanitasi yang layak dan sehat, mendorong diperlukannya strategi yang dapat menjawab permasalahan.

Program STBM telah dicanangkan Pemerintah sejak tahun 2008, sehingga implementasi dari program tersebut perlu komitmen dan dukungan dari segenap lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan di daerah. Dalam Rencana Strategis Kementarian Kesehatan 2010-2014 disebutkan target prosentase penduduk Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) sebesar 100% dan prosentase penduduk yang memiliki akses terhadap air minum yang berkualitas sebesar 67%, bahkan universal akses di tahun 2019 menargetkan seluruh masyarakat harus terakses sanitasi.

Untuk menanggulangi masalah tersebut maka dilaksanakan Kegiatan Pertemuan Koordinasi, Advokasi dan Sosialisasi Implementasi Lima Pilar STBM di Provinsi NTB dilaksanakan pada tanggal 28 -30 Oktober 2019 di Hotel Puri Indah Mataram.

Peserta pertemuan berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten/kota Puskesmas, dari Provinsi. Hadir untuk membukaan kegiatan adalah Dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A dengan didampingi oleh kepala Bidang P3KL Dra. Ratna Tunjung Luih, Apt, MScPH dan kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi NTB Burhanudin,SKM

Tujuan pelaksanaan kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini antara lain :

  • Terbangunnya koordinasi Program Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi NTB
  • Terbangunnya proses berbagi pengalaman antar Kabupaten/Kota terkait pelaksanaan Program Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)
  • Teridentifikasi dan terpetakannya Implementasi kegiatan Lima Pilar STBM di masing masing Kabupaten/ Kota
  • Hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam upaya Implementasi Lima Pilar STBM di Kabupaten/Kota.
  • Tercapainya strategi dan komitmen untuk melakukan pengawalan kepada Impelementasi di lapangan pada lintas program / lintas sektor terkait masing-masing Kabupaten/Kota
  • Terevaluasinya capaian program Lima Pilar STBM Tingkat Kabupten/Kota se Provinsi NTB..

Dokumentasi Kegiatan :

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook