Pertemuan Koordinasi atau Lokakarya Pokjanal Kota Bima

Revitalisasi posyandu di NTB, hadir sebagai pusat edukasi berbasis dusun yang dihajatkan untuk menjadi garda terdepan dalam penanganan beragam persoalan kesehatan dan sosial di tingkat dusun. Masalah gizi buruk, stunting, kematian ibu dan anak, pernikahan dini, penyalahgunaan narkoba, rendahnya kesadaran hidup sehat hingga masalah buruh migran di NTB diharapkan mampu ditekan melalui Posyandu Keluarga. Dengan penanganan berbasis dusun, akan lebih tepat sasaran karena fokus dan data-datanya jelas serta lebih komprehensif, sehingga permasalahan-permasalahan itu bisa didata, diatasi dan diedukasi sebaik-baiknya.
Untuk mewujudkan revitalisasi posyandu menjadi pusat edukasi dan solusi utama permasalahan kesehatan dan sosial di Provinsi NTB, dibutuhkan komitmen yang kuat antara pemerintah Kabupaten dan Desa, dengan memperkuat Pokjanal Posyandu dan membentuk Pokja Posyandu Desa.

Sampai dengan 10 Oktober 2021, sebanyak 84.25% dari 7581 Posyandu yang ada di NTB telah bertransformasi menjadi posyandu keluarga, dan 3 Kabupaten yaitu Lombok Timur, Dompu dan KSB telah mendeklarasikan seluruh posyandunya menjadi posyandu keluarga. Sementara itu, pertumbuhan posyandu keluarga di 3 Kabupaten/Kota lainnya yaitu Kota Mataram, Kabupaten Bima dan Lombok Barat juga menunjukan angka pertumbuhan posyandu keluarga yang sangat progresif (sudah mencapai 94-98%). Komitmen, inovasi dan strategi untuk mempercepat akselarasi revitalisasi posyandu menjadi posyandu keluarga di 4 Kabupaten / Kota yang masih dibawah target (KLU, Lombok Tengah, Sumbawa dan Kota Bima) perlu terus digali dan ditumbuhkan. Dinas Kesehatan beserta seluruh stakeholder terkait perlu melakukan pendampingan terus menerus untuk mendorong percepatan Revitalisasi Posyandu Keluarga di NTB.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi Gizi Promkes Bidang Kesmas, sebagai leading sektor Revitalisasi Posyandu Keluarga, telah melakukan serangkaian kegiatan Workshop/ Pertemuan Koordinasi/Lokakarya Lintas Sektor dan Lintas Program dalam rangka memperkuat peran dan fungsi tim pokjanal posyandu serta percepatan revitalisasi posyandu menjadi posyandu keluarga 100% di tahun 2021 dan pada tanggal 12-13 Oktober 2021 Pertemuan Koordinasi/Lokakarya dalam rangka penguatan Pokjanal Posyandu dan Percepatan revitalisasi Posyandu menjadi Posyandu Keluarga di Kota Bima.

Penulis : Andang Sari, Apt.,M.Farm.Klin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *