Pertemuan Manajemen Pengelolaan Obat dan Vaksin Sesuai Standar, Integrasi Sistem Informasi Logistik Obat dan BMHP

Pengelolaan obat memegang  peranan yang sangat penting dalam menjamin ketersediaan obat terhadap akses masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Pengelolaan obat bertujuan untuk tersedianya obat yang berkualitas baik, tersebar secara merata, jenis dan jumlah sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat di unit pelayanan kesehatan.

Dalam rangka penguatan pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, perlu dilakukan kegiatan peningkatan pengetahuan dan kemampuan petugas penanggungjawab perencanaan kebutuhan obat, pengelola sistem logistik obat dan perbekalan kesehatan serta untuk memastikan ketersediaan obat agar dapat memberikan pelayanan yang baik sesuai standar.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi Kefarmasian Makanan Minuman dan Alkes Bidang SDK melaksanakan kegiatan Pertemuan Instalasi Farmasi Kabupaten/Kota yang Menerapkan Manajemen Pengelolaan Obat dan Vaksin Sesuai Standar dan Integrasi Sistem Informasi Logistik Obat dan BMHP pada tanggal 10 s/d 12 Juni 2024 di Hotel Golden Palace Mataram.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr. Dr. H. L Hamzi Fikri, MM., MARS, didampingi Kepala Bidang SDK, Tuti Herawati, S.SiT., MPH dan Kepala Seksi Farmalkes, Muhamad Ainussobah, SKM, MPH, dan dihadiri oleh penanggungjawab instalasi farmasi, penanggungjawab pencegahan dan pengendalian penyakit dan operator Aplikasi E-Monev Katalog Obat (RKO) dinas kesehatan kabupaten/kota se-Provinsi NTB serta dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB, sedangkan narasumber dari Kemenkes RI secara daring (Virtual Meeting).

Diakhir kegiatan diberikan penghargaan kepada dinas Kesehatan kabupaten/kota dengan kategori :

  • Implementasi Aplikasi Pengelolaan Obat Program ATM terbaik tahun 2024

– Terbaik I    :    Dinas Kesehatan Kab. Lombok Barat

– Terbaik II   :    Dinas Kesehatan Kab. Bima

– Terbaik III :    Dinas Kesehatan Kab. Dompu

  • Pengelolaan Data Vaksin & Logistik Imunisasi terbaik tahun 2023

– Terbaik I    :    Dinas Kesehatan Kab. Dompu

– Terbaik II   :    Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa Barat

– Terbaik III :    Dinas Kesehatan Kota Bima

  • Sistem Pelaporan Nakotika dan Psikotropika (SIPNAP) Tepat Waktu terbaik tahun 2023

– Terbaik I    :    Dinas Kesehatan Kab. Bima

– Terbaik II   :    Dinas Kesehatan Kab. Dompu

– Terbaik III :    Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa

  • Dinas Kesehatan Kab/Kota yang telah Mengimlementasi Aplikasi SIMON tahun 2023 diberikan kepada Dinas Kesehatan Kota Mataram

#NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat