Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pertemuan Menkes RI Bersama Kadinkes Seluruh Indonesia, Update Penanganan Isu Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengikuti pertemuan bersama Menteri Kesehatan RI, beserta Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Rabu (7/9/2022).

Adapun dalam pertemuan yang dilaksanakan secara daring ini membahas beberapa diantaranya tentang update kasus stunting setiap daerah yang terdiri dari  capaian pemantauan tumbuh kembang balita dan pemeriksaan kehamilan, serta progress pengadaan sarana dan prasarana (USG dan Antropometri) dilanjutkan dengan pembahasan tentang rekomendasi daerah untuk pembentukan laboratorium kesehatan masyarakat, capaian imunisasi rutin dan progress pencatatan di Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan (ASIK).

Dinas Kesehatan Provinsi NTB mendapatkan kategori baik dalam pemantauan pertumbuhan balita dan pemeriksaan kehamilan (90,7%), sedangkan Kabupaten Lombok Utara mendapatkan kategori 20 Kabupaten/Kota dengan capaian pemeriksaan kehamilan 6x tertinggi.

Pada kesempatan ini, Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa untuk mempercepat penurunan stunting, dinas kesehatan perlu segera melakukan pendistribusian USG ke Puskesmas untuk digunakan dalam pemeriksaan kehamilan. Antropometri terstandar juga segera didistribusikan ke posyandu untuk pemantauan pertumbuhan balita, meningkatkan capaian pemeriksaan kehamilan minimal 6x, serta pemantauan pertumbuhan balita harus dilakukan tiap bulan pada minimal 90% balita sasaran.

Sedangkan untuk meningkatkan capaian imunisasi diharapkan agar dinas kesehatan memfasilitasi peningkatan pemanfaatan ASIK untuk pencatatan imunisasi BIAN, dan rutin optimalisasi posyandu dan optimalisasi penjangkauan sasaran BIAN dengan membuka pos pelayanan di tempat strategis, serta melakukan sosialisasi, edukasi dan penggerakan masyarakat.