Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

PERTEMUAN MONITORING DAN EVALUASI INVESTIGASI KONTAK TBC TINGKAT PROVINSI NTB

Kegiatan Investigasi Kontak TBC bertujuan untuk menemukan pasien TBC dan TBC Laten. TBC Laten adalah pasien TBC yang tidak/ belum menunjukan gejala TBC. Oleh karena itu harus segera diberikan penanganan yang tepat dan sesuai standar. Langkah ini dilakukan untuk :

  1. Mencegah terlambatnya penemuan kasus
  2. Mencegah penularan pada kontak yang sehat melalui penyuluhan hidup bersih dan sehat
  3. Memberikan pengobatan pencegahan pada anak dibawah 5 tahun, dan
  4. yang paling utama dalam investigasi kontak ini adalah dapat memutuskan rantai penularan TBC di masyarakat.
    Kegiatan investigasi kontak TBC ini perlu melibatkan semua pihak, antara lain petugas kesehatan sebagai layanan terdekat dengan masyarakat, elemen pendidikan seperti sekolah, madrasah, pondok pesantren dan yang tak kalah penting adalah peran dari organisasi masyarakat dan kader dalam mendukung pelaksanaan promosi, sosialisasi, penemuan terduga TBC dan dalam pendampingan menelan obat sampai tuntas.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Bidang P2P melaksanakan evaluasi dalam pelaksanaan investigasi kontak TBC di tingkat Provinsi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan investigasi kontak TBC serta mendapatkan lesson learn yang baik dari kabupaten yang pencapaian investigasi kontak TBC nya tinggi. Dalam kegiatan ini disusun rencana tindak lanjut yang disepakati untuk perbaikan pelaksanaan investigasi kontak TBC.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.