Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pertemuan Orientasi Posyandu Keluarga Tingkat Provinsi

Upaya Revitalisasi Posyandu dengan kegiatan pemberdayaan, pelatihan kader dan petugas, peningkatan ekonomi kader, pengembangan kegiatan sesuai kebutuhan masyarakat, telah tampil kembali dengan semangat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kegiatan pengembangan di posyandu saai ini tidak hanya pelayanan kesehatan ibu dan anak, gizi, KB saja, tapi berkembang sesuai kebutuhan masyarakat seperti PAUD, Ekonomi keluarga, Koperasi, BKB, Keagamaan, Penyuluhan penyakit, PHBS, pertanian dan lain-lainnya.

Posyandu Keluarga adalah terobosan dalam upaya menanggulangi masalah  kesehatan, dengan pendekatan keluarga. Konsep pelayanan posyandu yaitu layanan posyandu terintegrasi dengan posbindu dan posyandu lansia. Posyandu yang melaksanakan kegiatan secara rutin tiap bulan, dengan cakupan 5 Program utama (KIA, KB, Imunisasi, Gizi dan Diare), adanya Posbindu, Kelas remaja, penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (PUP), program Keluarga Sakinah, Ketahanan Pangan, Pertanian serta peran aktif Tokoh Agama (Dai Kesehatan) serta instansi yang dalam upaya mensinergikan program di SKPD terkait.

Berdasarkan Data tahun 2021 jumlah kader posyandu semakin bertambah sejalan dengan pengembangan posyandu konvesional menjadi posyandu keluarga. Dari jumlah kader sebanyak 37.607 kader yang yang terlatih baru 30.947 (82,3%) kader sehingga masih 18 % kader yang belum terlatih di karenakan adanya pergantian kader.

Mengingat  Posyandu Keluarga sebagai sarana  pelayanan kesehatan dasar dan merupakan inovasi baru maka perlu adanya Orientasi bagi penanggung jawab posyandu di Kab/Kota, sehingga harapannya dapat mensosialisasikan kepada para stakeholder dan kader posyandu dalam rangka peningkatan kualitas posyandu keluarga.

Untuk itu Seksi Gizi dan Promkes Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi melaksanakan Pertemuan Orientasi Posyandu Keluarga Tingkat Provinsi selama 2 hari mulai tanggal 8 – 9 Desember 2021 di Hotel Aston Inn Mataram.

Adapun peserta kegiatan ini sejumlah 20 orang yang berasal dari penanggung jawab/pengelola program posyandu kabupaten/kota, lintas program di Dinas Kesehatan Provinsi dan lintas sektoral Provinsi dengan narasumber dari Kepala Dinas Kesehatan, Kabid Kesmas dan Kepala Seksi Gizi dan Promkes Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman penanggung jawab program posyandu dalam pelaksanaan posyandu keluarga dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan di posyandu keluarga.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.