Pertemuan Pembentukan Kluster Kesehatan Dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan di Kota Bima dan Kabupaten Bima

Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi Surveilans, Epidemiologi, Imunisasi dan Kesehatan Bencana Bidang P2P melaksanakan Pertemuan Pembentukan Kluster Kesehatan dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan di Kota Bima dan Kabupaten Bima dan dihadiri oleh lintas program dan lintas sektor, Selasa (14/03/2023).

Kluster kesehatan merupan kelompok pelaku Penanggulangan Krisis Kesehatan yang mempunyai kompetensi di bidang kesehatan yang berkoordinasi, berkolaborasi, dan berintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan, yang berasal dari pemerintah pusat, atau pemerintah daerah, lembaga non pemerintah, sektor swasta/lembaga usaha dan kelompok masyarakat (Permenkes No. 75 th. 2019).

Prinsip pembentukan kluster kesehatan adalah membangun komitmen, dukungan, kemitraan, partisipasi dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip kemanuasian dalam mendapatkan hak terhadap kesehatan dalam situasi darurat. Pertemuan sebelumnya telah dilaksanakan di Pulau Lombok pada minggu pertama di bulan Maret, dan akan dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa.

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan agar dalam penanggulangan krisis kesehatan di Provinsi NTB dapat dilakukan koodinasi, kolaborasi dan integrasi yang baik sehingga upaya peningkatan derajat kesehatan masayrakat pada situasi darurat bisa berjalan maksimal.

#DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #SalamSehat #HumasSehat