Pertemuan Validasi Data Tingkat Provinsi NTB Kembali Dilaksanakan

Kegiatan Pertemuan Validasi Data Profil Kesehatan Provinsi NTB merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.  Pelaksanaan kegiatan ini sejalan dengan regulasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Satu Data Kesehatan dimana Puskesmas dan Dinas Kesehatan wajib menerbitkan Profil Kesehatan yang berisi Informasi Kesehatan minimal satu kali dalam setahun.

Untuk itu Dinas Kesehatan Provinsi melalui Tim Data Informasi dan Litbangkes Bidang SDK memfasilitasi penyusunan profil kesehatan tingkat Kabupaten/Kota melalui kegiatan pertemuan untuk melakukan validasi data kesehatan di mana keluaran nya adalah kesepakatan data kesehatan yang akan ditampilkan dalam profil kesehatan. Validasi data di lakukan oleh pengelola profil kesehatan kabupaten/kota dan pengelola program lingkup Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Kegiatan yang dilaksanakan  tanggal 12 – 15 Juni 2024 di Hotel Golden Palace Mataram ini diikuti oleh 40 peserta dari provinsi dan dinas kesehatan kabupaten/kota se-NTB dan dibuka oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Tuti Herawati, S.SiT., MPH.

Dalam arahanya beliau mengharapkan adanya kesepakatan data final dari masing-masing program agar dapat dimanfaatkan untuk proses selanjutnya.

Lebih lanjut beliau mengharapkan komitmen kabupaten/kota dalam percepatan implementasi SATUSEHAT di fasilitas pelayanan kesehatan dan juga tersosialisasinya pengisian Monev Integrasi Layanan Primer dalam Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK)

Adapun pemateri pada kegiatan ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB dengan materi  Kebijakan Transformasi Kesehatan di Nusa Tenggara Barat yang di sampaikan oleh Ibu Kelapa Bidang SDK, Badan Pusat Statistik Provinsi NTB dengan materi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) dan Pusdatin menyampaikan materi Implementasi SATUSEHAT di Fasyankes, kemudian dilanjutkan dengan desk Data Profil Kesehatan Tahun 2023.

Kegiatan desk dilaksanakan selama 2 hari  untuk menghasilkan data dalam profil kesehatan yang lengkap, valid dan akurat, sehingga tidak ada perbedaan data antara profil kesehatan provinsi dan kabupaten/kota.

Salam Sehat, Tetap Semangat!

#ValidasiDataProfil #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #DatinLitbangkes #SDK #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat