Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pertemuan Validasi Data Wujudkan Profil Kesehatan Provinsi NTB yang Ideal

Sistem Informasi Kesehatan diharapkan dapat menghasilkan data dan informasi kesehatan yang lengkap, akurat, dan terkini sehingga dapat dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan/kebijakan bidang kesehatan di Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pusat.

Selain itu Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten/Kota sebagai unsur yang penting bagi pelaksanaan Pembangunan Daerah berwawasan kesehatan di Kabupaten/ Kota yang bersangkutan, oleh karena itu sistem ini diharapkan dapat menyediakan data dan informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai kebutuhan sebagai landasan bagi para penentu kebijakan dalam pengambilan keputusan berdasarkan fakta.

Untuk menghasilkan data dan informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai kebutuhan  atau yang berkualitas maka Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi Datin dan Litbangkes Bidang SDK mengadakan Pertemuan Validasi  Data Kesehatan Tahun 2022 yang dilaksanakan selama 3 hari mulai 30 Agustus s/d 1 September 2022 di Hotel Golden Palace Mataram, dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas kesehatan Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS.

Pertemuan Validasi Data Kesehatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun dengan tujuan tersedianya data yang valid, lengkap dan akurat sebagai bahan penyusunan Dokumen Profil Kesehatan yang ideal,  tersusunya kesepakatan-kesepakatan tentang data dan informasi kesehatan yang valid dan terpercaya sesuai kebutuhan dan tersosialisasinya informasi terkini terkait Penyusunan Profil Kesehatan dan Sistem Informasi Kesehatan.

Peserta pertemuan sebanyak 47 orang yang terdiri dari seluruh pengelola data program di Dinas Kesehatan Provinsi dan penyusun dokumen Profil Kesehatan Kabupaten/Kota.

Narasumber kegiatan ini dari Pusdatin menyampaikan materi tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, dari BPS menyampaikan materi tentang Proyeksi Data Kependudukan, sedangkan dari Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan menyampaikan materi mengenai Kebijakan Satu Data Kesehatan. Materi selanjutnya adalah Mekanisme Desk Lampiran Profil Kesehatan Tahun 2021 yang disampaikan oleh Sub Koordinator Datin dan Litbangkes.

Pertemuan yang dilaksanakan selama 3 hari ini diakhiri dengan adanya kesepakatan isi lampiran Profil Kesehatan Provinsi NTB Tahun 2021.