PID, Momen Mengedukasi Masyarakat Pentingnya Vaksinasi

Program imunisasi merupakan salah satu upaya intervensi masyarakat yang dinilai sangat cost effective terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).  Pemerintah bersama masyarakat  telah melaksanakan program imunisasi selama lebih dari lima dasawarsa yang lalu.

Setiap tahun, negara-negara anggota WHO termasuk Indonesia melaksanakan Pekan Imunisasi Dunia (PID) pada minggu ke-4 bulan April untuk memperingati hari imunisasi dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dinia akan pentingnya imunisasi.

Pelaksanaan PID tahun 2021 mengambil tema ”Ayo Imunisasi, Bersatu Sehatkan Negeri”.  Merupakan momen yang tepat untuk terus berupaya mengedukasi masyarakat mengenai vaksinasi untuk membentuk imun.

Sehubungan dengan pelaksanaan program imunisasi di Indonesia, dengan ini kami sampaikan hal sebagai berikut :

  1. Indonesia turut berkontribusi dalam mewujudkan kesehatan masyarakat dunia dengan keberhasilan program imunisasi melalui eradikasi cacar tahun 1974, bebas polio tahun 2014 serta eliminasi tetanus maternal dan neonatal (mnt) tahun 2016.
  2. Meskipun program imunisasi di Indonesia telah berhasil meraih berbagai sukses, namun saat ini masih ada anak Indonesia yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terdapat hamper 20 juta anak didunia yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap bahkan ada yang tidak mendapatkan imunisasi sama sekali.
  3. Berbagai tantangan dalam pelaksanaan imunisasi masih kita hadapi baik dari aspek ketersediaan vaksin, manajemen rantai dingin, layanan imunisasi yang bermutu, adanya isu negative tentang vaksin dan kurangnya pengetahuan masyarakat akan manfaat imunisasi. Pandemic covid-19 memberikan dampak menurunnya capaian cakupan imunisasi secara signifikan. Tantangan-tantangan ini harus disikapi dengan tepat oleh seluruh jajaran pemerintah dipusat dan daerah bersama seluruh lapisan masyarakat agar segenap rakyat Indonesia terlindung dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).
  4. Untuk meningkatkan peran serta semua pihak agar seluruh anak Indonesia mendapatkan rutin lengkap melalui pelaksanaan program imunisasi yang bermutu dengan cakupan tinggi dan merata di seluruh wilayah Indonesia, kami menghimbau kepada para gubernur/bupati/walikota di seluruh Indonesia utnuk menyelenggarakan Pekan Imunisasi  Dunia (PID) 2021 di wilayah kerja masing-masing dengan mobilisasi sumber daya yang ada sesuai dengan aturan yang berlaku.
  5. Pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia (PID) ini, diharapkan dapat memberdayagunakan peran Lembaga Swadaya Masyarakat, perguruan tinggi, organisasi profesi, tokoh agama, tokoh masyarakat, jurnalis/media, kalangan swasta dan dunia usaha, untuk bersama-sama :
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dan manfaat imunisasi rutin lengkap sebagai dasar sistem kesehatan yang kuat dan tangguh
  • Meluruskan informasi yang tidak benar di masyarakat tentang imunisasi dengan mobilisasi semua sumber daya yang ada untuk mensosialisasikan manfaat vaksin dan imunisasi.
  • Meningkatkan jangkauan pelayanan imunisasi yang bermutu dan merata
  • Mempertimbangkan perkembangan kasus Covid-19, maka bentuk kegiatan PID untuk butir a dan b dapat dilaksanakan melalui media komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) baik elektronis maupun cetak seperti talkshow di televisi dan radio, iklan layanan masyarakat (ILM), videotron tentang imunisasi atau media sosial lainnya serta dengan pemasangan media cetak informasi dan edukasi lainnya tentang pekan imunisasi dunia(PID) ditempat-tempat strategis

Mari bersama lindungi diri dan keluarga serta lingkungan dari penyakit berbahaya dan sukseskan Pekan Imunisasi Dunia.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *