Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

PSC 119 Berikan Respon Cepat dan Tepat Masyarakat Sumbawa Barat

Rangkaian Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)  meliputi evaluasi PSC (Public Safety Center) dan aplikasi SISRUTE (Sistem Rujukan Terintegrasi) yang dilakukan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Hurnain Akmal, SKM.,M.Kes., beserta Tim selanjutnya adalalah ke Dinas Kesehatan Kabupatan Sumbawa Barat pada hari Senin (11/07/2022).

Dari hasil monev didapatkan bahwa Dinas Kesehatan kabupaten Sumbawa Barat sudah memiliki PSC yang siap untuk difungsikan sebagai pertolongan pertama bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis dengan cepat. Selain itu Tim Medis yang ada di PSC Kabupaten Sumbawa Barat juga sudah memenuhi standar untuk pelayanan karena memiliki tenaga dokter dan perawat serta driver ambulance yang siap membantu masyarakat dalam pelayanan medis khususnya di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bantuan PSC 119, masyarakat bisa menghubungi nomor kontak langsung PSC 119 Kabupaten Sumbawa Barat untuk mendapatkan penanganan medis dengan cepat.

Selanjutnya Terkait dengan aplikasi SISRUTE (Sistem Rujukan Terintegrasi) sebagai media komunikasi dan informasi yang menghubungkan data pasien dari Puskesmas ke Rumah Sakit (horizontal maupun vertical).  Aplikasi SISRUTE di Kabupaten Sumbawa Barat sudah terlaksana dengan baik, walaupun belum semua Puskesmas mengisi data di SISRUTE.

Selain itu Dinas Kesehatan Sumbawa Barat juga sudah mempunyai aplikasi sendiri khusus  untuk puskesmas yaitu e-Pus atau disebut Elektronik Puskesmas untuk memudahkan Dinas Kesehatan dalam mencari data terkait Rekam Medis pasien, Jumlah Pasien dan Jumlah kasus terbanyak dalam Puskesmas tersebut. Aplikasi tersebut adalah e-Pus atau bisa di sebut elektronik Puskesmas.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.