Rakorwil PKBI NTB, Kadinkes Tekankan Masalah TBC Bukan Hanya Masalah Kesehatan

Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Dinas Kesehatan bersama Pelopor Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) NTB dilaksanakan di Lombok Beach Hotel, Kamis (25/01/2024).

Kegiatan ini dalam rangka evaluasi untuk menyusun strategi dan langkah program eliminasi TBC.

“Masalah TBC boleh dikatakan bukan hanya masalah kesehatan, sehingga dibutuhkan peran dari lintas sektor dalam percepatan penanggulangan TBC.”

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr. dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM., MARS., saat menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia dan Global. Indonesia bersama negara beban tinggi TBC lainnya menyumbang 2/3 kasus TBC di seluruh dunia, dan menempati posisi ke-2 setelah India, diikuti oleh China, Filipina, Pakistan, Nigeria, Bangladesh dan Republik Demokratik Kongo secara berutan.

Kadinkes menambahakan, banyak hal yang mempengaruhi rendahnya capaian program TB antara lain, lamanya rentang waktu pengobatan, efek samping obat, kurangnya dukungan psikologis, dan stigma TBC di masyarakat. Selain itu masalah lain yang dihadapi seperti masalah ekonomi, sanitasi dan kesejahteraan sosial juga menjadi alasan.

Menutup materi, Kadinkes berharap pertemuan ini dapat memberikan alternatif upaya atau inovasi dalam menanggulangi masalah TBC di Indonesia dan di NTB secara khusus.

“Sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama yang telah dibangun selama ini dengan temen-temen di Fasyankes,” ungkap beliau.

#NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #RakorwilPKBI #PKBI #TBC #PenanggulanganTBC #EliminasiTBC #DinasKesehatan #DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat