Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Rapat Evaluasi Kuartal II SC dan TWG Proyek Seeing is Believing (SiB) dan Vision for Indonesian People (VIP)

Gangguan indera (terutama gangguan penglihatan) masih menjadi masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat baik global maupun nasional. Gangguan indera dapat terjadi pada seluruh kelompok umur, karena luasnya penyebab dan faktor risiko terjadinya gangguan Dalam rangka mengatasi permasalah angangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia, Pemerintah mengutamakan upaya promotif-preventif melalui pendekatan: (1) pengendalian faktor risiko, (2) kegiatan skrining atau deteksi dini gangguan penglihatan dan kebutaan pada kelompok berisiko, serta (3) penguatan akses masyarakat pada layanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu. Hal ini juga tidak lepas dari upaya kuratif rehabilitatif yang menunjang keberhasilan program.

Sejalan dengan Rencana Strategi Nasional Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan kebutaan (Renstranas PGPK), maka Dinas kesehatan Provinsi NTB bekerja sama dengan The Fred Hollows Foundation (FHF) sejak tahun 2017 telah menjalani proyek SIB untuk mendeteksi kelainan refraksi pada anak SD dan SMP dan Proyek VIP yang bergerak di baksos operasi katarak.

Dengan berjalannya kedua proyek tersebut, maka diadakan Rapat Evaluasi Kuartal II Steering Comitte dan Technical Working Grup, untuk mengetahui progres dan masalah yang dihadapi dan membuat perencanaan untuk kuartal berikutnya.

Rapat Evaluasi Kuartal II SC dan TWG Proyek Seeing is Believing (SiB) dan Vision for Indonesian People (VIP) telah dilaksanakan pada Hari Senin / 17 Juni 2019 di Hotel Santika Mataram. Peserta yang diundang pada rapat tersebut antara lain : Kepala Bapelkes Provinsi NTB, Kepala Departemen Agama Provinsi NTB, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mataram, Kepala Dinas Pendidikan dan KebudayaanKab. Lombok Barat, Kepala Dinas  Pendidikan dan KebudayaanKab. Lombok Tengah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lombok Timur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sumbawa Barat, Direktur Rumah Sakit Mata NTB, Kepala DinasKesehatan Kota Mataram, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lombok Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lombok Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lombok Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa Barat, Direktur RSUD Provinsi NTB, Direktur RSUD Kota Mataram, Direktur RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat, Ketua PERDAMI Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala Puskesmas Gunung Sari, Kepala Puskesmas Bagu, Kepala Puskesmas Masbagik, Kepala Puskesmas Taliwang, Ketua Gapopin Provinsi NTB dan Ketua Iropin Provinsi NTB.

Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan rapat ini adalah Mengevaluasi dan merencanakan capaian Program Seeing Is Believing (SIB), Vision for Indonesia People (VIP) dalam penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dokumentasi Kegiatan :

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.