Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Rapat Lapangan MXGP Samota Sumbawa 2022

Dalam hitungan yang tak lama, kawasan Samota-Sumbawa akan digelar motor cross internasional kelas dunia yang akan diikuti para pembalap dari 20 negara.  Untuk memastikan segala persiapan pelaksanaannya, maka diadakan Rapat Lapangan MXGP Samota Sumbawa, Kamis, 16 Juni 2022 di Paddock Rocket Motor Circuit Samota Sumbawa.

Rapat dihadiri oleh Gubernur Provinsi NTB, Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Seluruh Lintas Sektor dan Program se-Provinsi NTB.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H.Lalu Hamzi Fikri, MM., MARS, menyampaikan bahwa pihaknya akan menyiapkan Posko Vaksinasi Booster bagi penonton yang belum melakukan Vaksin Booster,  namun  Vaksinasi Booster bukan menjadi syarat masuk ke Rocket Motor Circuit Samota, hanya sebagai himbauan untuk penonton yang belum melakukan Vaksin Booster, selain itu penonton juga  dihimbau untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Beliau juga menyampaikan bahwa saat gelaran nanti dipastikan semua tenaga kesehatan sudah siap untuk memberkan pelayanan maksimal selama berlangsungnya Event MXGP Samota Sumbawa 2022.

Pada rapat tersebut juga disampaikan kesiapan dari dinas terkait yang ada di Sumbawa, diantaranya adalah :

  • Dari PLN  menyampaikan bahwa listrik untuk Rocket Motor Circuit Samota sudah sangat siap, dan PLN menjamin “Lampu Anti Kedip”.
  • Selanjutnya dari pihak Imigrasi menyampaikan akan disediakan Posko dengan tujuan memberikan fasilitas dan memudahkan orang asing berkomunikasi.
  • Dari pihak karantina menyampaikan bahwa sudah siap dalam Pencegahan Penyakit Tumbuhan dan Hewan, khususnya yang masuk ke Pulau Sumbawa dipastikan Aman.
  • Kepala Dinas Perhubungan menyampaikan bahwa Shuttle Bus akan disediakan 40 Kendaraan, dan pergerakan Shuttle Bus sudah dipastikan lancar, selain itu untuk area parkir sudah siap di Pelabuhan Badas dan bagi penonton yang ingn bermalam di KRI Banjar Masin harus memiliki Tiket.
  • Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB menyampaikan bahwa Kapasitas Tempat Parkir di Rocket Circuit Samota Sumbawa dapat menampung sekitar kurang lebih 25 rb Motor dan 20 rb Mobil, dan dihimbau khusus untuk masyarakat Sumbawa agar membawa motor.
  • Direktur RSU Provinsi NTB menyampaikan bahwa Marshal akan di Drop di Sirkuit pada tanggal 21 Juni 2022 dengan Jumlah 120 Marshal, dan Tenaga Medis juga sudah siap, Helikopter dari Komandan Pangkalan Angkatan Udara juga dipastikan sudah siap.
  • Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa  menyampaikan bahwa 95% sirkuit sudah selsai, beliau juga mengingatkan  harus memperhatikan kebersihan jangan sampai ada sampah yang berserakan didalam area sekitar sirkuit, diharapkan support dari berbagai pihak untuk mempercantik sirkuit dengan menyumbangkan 10 ribu pot dan bunga Bougainville yang akan diletakkan di Sekitar Paddock,VIP dan Area Sirkuit.

Dan terakhir dari Gubernur NTB  menyampaikan agar pada pelaksanaan MXGP mendatang tidak ada halangan, beliau juga berharap agar masyarakat NTB khususnya Sumbawa menjadi tuan rumah yang baik dan siap menjadi tuan rumah yang menyenangkan. 

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Tahun ini Sirkuit Samota menjadi Sirkuit Terindah di Dunia, jangan sampai setelah gelaran MXGP ini berakhir, sirkuit menjadi terbengkalai, untuk itu sirkuit harus selalu dirawat dan menjadi tempat wisata ataupun tempat event lainnya.  Untuk itu beliau berharap agar ada Event minimal 2 kali dalam setahun, atau bahkan kalau bisa tiap bulan agar Provinsi NTB memiliki kelas yang sama dengan Negara Besar di Dunia.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.