Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Rapat Persiapan Kick Off Vaksin Booster di NTB

Berdasakan Surat Edaran (SE) Nomor. HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang ditujukan ditujukan kepada para kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota serta kepala/direktur rumah sakit (RS) dan kepala/pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di seluruh Indonesia.

Vaksinasi booster adalah vaksinasi COVID-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.  Vaksin lanjutan (Booster) aman dan efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh setelah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.

Program Vaksinasi Booster merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memaksimalkan lanjutan dari vaksinasi primer untuk mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun. Selain itu, munculnya varian-varian covid-19 yang baru, seperti Omicron juga menyebabkan masyarakat harus mampu beradaptasi untuk hidup di masa pandemi demi kesehatan jangka panjang.

Untuk itu Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Kesehatan Provinsi menggelar Rapat Persiapan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Lanjutan (Booster) Provinsi NTB secara virtual, Senin (17/01) yang dihadiri oleh Asisten I Setda Provinsi NTB, Baiq Eva Nurcahyaningsih, M.Si.

Beliau menegaskan menegaskan bahwa strategi untuk mengejar target vaksinasi di NTB harus dimatangkan guna melancarkan Kick Off Vaksin Booster di NTB yang akan di laksanakan Rabu. 19 Januari 2022 di Rumah Sakit Mandalika Lombok Tengah dan masing-masing di Kabupaten/Kota se-NTB.

Selain mengenai strategi persiapan, beliau juga mengingatkan seluruh peserta rapat agar terus mengkoordinasikan stok ketersediaan vaksin serta upaya sosialisasi terkait pentingnya vaksin booster untuk masyarakat.

Untuk itu masyarakat dihimbau bagi masyarakat yang masuk sebagai sasaran prioritas penerima vaksinasi booster untuk segera mengecek etiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi peduli lindungi.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.