Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Rayakan HKN Dinas Kesehatan Provinsi NTB Gelar Apel Bersama

Dinas Kesehatan Provinsi NTB menggelar apel bersama dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke -55 yang jatuh setiap tanggal 12 November. Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Gubernur Provinsi NTB. Dr. Ir. Hj. Siti Rohmi Djalilah. M.Pd. Delasa. (12/11/2019). Apel di hadiri oleh seluruh OPD. Rumah Sakit Negeri dan Swasta, Organisasi Profesi serta Perguruan Tinggi Kesehatan, TNI dan Polri yang ada di Mataram.

Wakil Gubernur NTB, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Asisten III Setda NTB dan para tamu undangan saat menghadiri Apel HKN

Hari Kesehatan Nasional kali ini mengankat tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” Momentum Hari Kesehatan Nasional ke-55 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan. Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya. (Kemenkes RI)

Presiden Republik Indonesia menegaskan, bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu “Stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional.” Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya.

Diasampaikan, bahwa pada lima tahun masa tugas Kabinet Indonesia Kerja 2015-2019, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu “paradigma sehat”, “penguatan akses pelayanan kesehatan”, dan “penyediaan biaya Jaminan Kesehatan Nasional” yang mengusung kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan, seperti Germas atau “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”, PIS-PK atau “Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga” dan NS atau “Nusantara Sehat”.

Melalui momentum Hari Kesehatan Nasional Menteri Kesehatan RI berpesan, untuk mengkonsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa. Untuk itu saya berharap kita dapat bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan serta membenahi tata kelola BPJS Kesehatan serta penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah berkualitas. Apa yang sudah dirintis sebelumnya kita lanjutkan dan tingkatkan. Saya optimis kita dapat mewujudkan SDM unggul Indonesia maju seperti yang diharapkan oleh Presiden dan oleh kita semua. (Sambutan Menteri Kesehatan RI)

Apel dalam rangka mempringati Hari Kesehatan Nasional juga di jadikan momentum untuk memberikan penghargaan kepada 20 Orang Tenaga Kesehatan yang menjadi juara Nakes Teladan Tingkat Provinsi NTB. Oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Siti Rohmi Djalilah. M.Pd di dampingi Oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi. Sp.A.,MPH di lapangan upacara Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Siti Rohmi Djalilah. M.Pd didampingi Kepala Dinas Kesehatan Prov NTB dan Asisten II Setda NTB saat memberikan penghargaan kepada pemenang Nakes Teladan Tingkat Provinsi NTB

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.