Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Pelepasan Peserta PIDI angakatan IV Tahun 2016 dan Pembekalan Peserta PIDI angkatan IV tahun 2017

Pada tanggal 20-21 November kemarin di Ballroom Hotel Grand Legi Mataram, telah dilaksanakan kegiatan Pelepasan Peserta PIDI angakatan IV Tahun 2016 dan Pembekalan Peserta PIDI angkatan IV tahun 2017.

Undangan yang hadir pada acara Pelepasan dan Pembekalan PIDI berasal dari Perwakilan KIDI Pusat dan Sekretariat PIDI Pusat, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Ketua KIDI Provinsi NTB, Ketua IDI Wilayah NTB, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan, Bapak/Ibu di KIDI Provinsi NTB dan Sekretariat PIDI Provinsi NTB, Pimpinan Wahana Kabupaten Sumbawa Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat dan Kota Mataram, Dokter Pendamping, dan Peserta Dokter Internship.

Laporan kegiatan disampaikan oleh Ketua KIDI Provinsi NTB dr. Agus Pracoyo, dimana dalam laporannya bapak ketua KIDI menjelaskan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) merupakan tahapan pelatihan keprofesian pra-registrasi berbasis komptenesi pelayanan primer guna memahirkan kompetensi yang telah mereka capai setelah memperoleh kulifikasi sebagai dokter melalui pendidikan kedoteran dasar. PIDI diikuti oleh dokter yang telah lulus program studi pendidikan dokter dan telah lulus uji kompetensi namun belum mempunyai kewenangan untuk praktik mandiri dalam kurun waktu satu tahun.

Sambutan pada acara Pelepasan dan Penerimaan PIDI angkatan IV disampaikan oleh Drs. Imhal MPd Staf Ahli Bidang Sosial dan Kesehatan SETDA Provinsi NTB dimana saat menyampaikan sambutan, beliau menyebut Provinsi NTB kembali mendapat kepercayaan untuk menerima Program Internship Dokter Indonesia (PIDI), yang akan melakukan proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegritas, pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

penandantangan nota kesepakatan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) angkatan IV antara Pemerintah Provinsi NTB dengan Komite Internship Dokter Indonesia (KIDI) pusat dalam hal ini di wakili oleh Drs. Imhal dan dr. Slamet MPH yang disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Ketua KIDI Provinsi NTB. selanjutnya nota kesepakatan di serahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB ke Pimpinan Wahana di Kabupaten/Kota.

Materi pembekalan dalam Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) yang pertama diberikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi Sp.A yang memaparkan tentang “Pembangunan Kesehatan di Provinsi NTB” yang selanjutnya oleh pemateri yang lainnya.

Tujuan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) adalah memberikan kesempatan kepada dokter baru lulus program studi pendidikan profesi dokter berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi dalam rangka penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan serta pemandirian dan memahirkan kompetensi, selain itu juga untuk mendapatkan persamaan pengakuan dokter indonesia dengan dokter negara lain (ASEAN).