Sebanyak 30 ASN Ikuti Pelatihan Jafung Adminkes Angkatan II

Administrator Kesehatan adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, wewenang dan tanggung jawab secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan analisis kebijakan di bidang administrasi pelayanan, perijinan, akreditasi dan sertifikasi program-program pembangunan kesehatan.

Guna meningkatkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan maka untuk kedua kalinya IAKMI Provinsi NTB bekerja sama dengan Bapelkes Provinsi NTB, menyelenggarakan Pelatihan Jabatan Fungsional Administrator Kesehatan dan dilaksanakan secara virtual online/daring melalui zoom meeting mulai tanggal 2 – 16 Juni 2021.

Pelatihan Jafung Adminkes ini merupakan Angkatan II dari 3 angkatan yang direncanakan. Pelatihan telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H.L. Hamzi Fikri, MM, MARS, pada Rabu 2 Juni 2021.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan adanya kebijakan pemerintah untuk menyederhanakan birokrasi agar terwujud birokrasi yang dinamis, lincah, dan professional dalam upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja pemerintah kepada publik, maka keberadaan pajabat fungsional akan menjadi sangat penting. Dari 30 Jabatan Fungsional kesehatan yang ada, jabatan fungsional Administrator kesehatan, nampaknya banyak diminati oleh tenaga kesehatan yang bertugas di Dinas Kesehatan Kab/Kota, di RS maupun di Puskesmas.

Selanjutnya beliau menyampaikan dengan keterbatasan jumlah pejabat fungsional serta belum adanya perangkat pendukung seperti keberadaan organisasi profesinya serta tim penilai, diharapkan setelah pelatihan ini dapat segera dilakukan advokasi kepada pemerintah Kabupaten/Kota setempat untuk mengakomodir tenaga adminkes melalui penyediaan formasi, pembentukan Organisasi Profesi PAKESI (Persatuan Adminkes Seluruh Indonesia) dan kemudian diikuti dengan penetapan Tim Penilai di tingkat provinsi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bapelkes Provinsi NTB H. Ali Wardana, SKM, M.Si., dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam bulan Juni-Juli 2021 ini dilaksanakan 2 angkatan pelatihan Jafung Adminkes, untuk Angkatan II dilaksanakan tangggl 2 s/d 16 Juni 2021 sedangkan Angkatan III akan dilaksanakan tanggal 23 Juni s/d 7 Juli 2021. Jumlah peserta masing-masing angkatan 30 orang, yang berasa dari Dinas Kesehatan Kab/Kota, RS dan puskesmas se-NTB. Bahkan untuk Angkatan III, terdapat peserta dari Provinsi NTT. 

Sebagai narasumber pada pelatihan ini berasal dari Pusat Analisis dan Determinan Kesehatan Kemkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Provinsi NTB, BKD dan DPMPTSP Provinsi NTB, Dinas Kesehatan dan DPMPTSP Kabupaten Lombok Barat, IAKMI Provinsi NTB dan Widyaiswara Bapelkes Provinsi NTB.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *