Sekretaris Dinkes Membuka Kegiatan Validasi Data Viral Load HIV Tingkat Provinsi NTB

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Edi Ramlan, SKM., MPH, mewakili Kepala Dinas membuka kegiatan Pertemuan Validasi Data Viral Load HIV AIDS di Hotel Aston Inn Mataram, Rabu (19/6/2024)

Dalam sambutannya sekdis berharap data HIV AIDS yang ada pada tingkat kabupaten/kota dengan pemeriksaan melalui fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan RS dapat sinkron dengan data yang dimiliki pemerintah pada tingkat provinsi.

Peran dari tenaga kesehatan sangat dibutuhkan untuk mendeteksi dan mendata orang yang terjangkit HIV. Selain itu kita juga perlu melakukan evaluasi langsung hambatan yang dialami.

Persentase cangkupan orang yang sudah diskrining di NTB masih tergolong rendah yaitu berada pada urutan kelima dari bawah. Kita harus terus berusaha memperluas cangkupan skrining. Untuk kesuksesan suatu program diperlukan data yang baik agar dalam penyelesaian masalah dapat efektif dan efesien.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta pengelola program HIV dan PIMS dari dinas kesehatan kabupaten/kota, layanan PDP (petugas RR dan Petugas Laboratorium) dari 6 kabupaten/kota di Provinsi NTB.

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan data capaian pemeriksaan VL HIV yang telah tervalidasi, untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai target 95% ODHIV memeriksakan Viral Load (VL) HIV di Indonesia.

#ViralLoad #HIV #NTBMajuMelaju #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat