Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2019

Sehat Badan… Sehat Jiwa…

Wakil Gubernur Provinsi NTB. Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah. M.Pd atau yang akrab di panggil Umi Rohmi di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr.Nurhandini Eka Dewi. Sp.A., MPH, Direktur Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma dr. Evi Kuatini Somawijaya, MM serta Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statiatik I Gede Putu Aryadi. S.Sos., MH membuka secara resmi Event Inspiratif Expo yang rutin di laksanakan Diskominfotik setiap minggu dan bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang di selenggarakan di CFD Udayana bersam RSJ Mutiara Sukma dan Telkomsel. Minggu, 3 November 2019.

Hari Kesehatan Jiwa kali ini mengangkat tema “Promosi Kesehatan Jiwa dan Pencegahan Bunuh Diri” dr. Evi mengukapkan. dari data WHO yang di rilis secara global kasus bunuh diri di dunia mencapai 800.000 orang pertahunnya atau 40 orang perdetik. Angka tersebut telah mencapai angka kritis dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Tinggginya angka depresi menjadi penyebab terjadinya kasus bunuh diri, oleh karena itu kesehatan jiwa menjadi program prioritas untuk mengurangi angka depresi dan stress. Ungkapnya

Sementara itu Umi Rohmi mengharapkan apa yang sedang di upayakan Pemerintah NTB melalui Program Prioritas Revitalisasi Posyandu dapat terintegrasi dengan program-program Rumah Sakit Jiwa dalam upaya menyehatkan jiwa masyarakat NTB. Umi Rohmi tidak ingin, bayak warga NTB yang di pasung karena gangguan kejiwaan. Oleh karena itu peranan Posyandu Keluarga dan Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma khusunya harus terus di sosialisasikan agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Tak lupa Umi Rohmi juga mengingatkan agar peserta yang hadir selalu menjaga kebersihan lingkungan sebagai kontribusi bagi program Zero Waste.

Dalam kesempatan itu pula Umi Rohmi di dampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSJ Mutiara Sukma memberikan penghargaan kepada Kelompok Swabantu Puber (Mampu Berdaya) binaan Puskesmas Karang Taliwang atas partisipasi mereka sebagai Peserta Pameran Hasil Karya.

Tidak hanya sampai di sana. Perayaan Hari Kesehatan Jiwa 2019 di meriahkan dengan kegiatan senam bersama, pembagian doorprize serta penampilan seni tari dari Sanggar Dewi Saraswati persembahan dari Diskominfotik yang membawakan Tarian Sekar Jagad sebagai tarian pembuka, dan Tarian Cendrawasih yang menggambarkan suka cita untuk menghibur peserta yang hadir.

Dokumentasi Kegiatan :

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.