Semarak Jumat Salam di KSB, Dinkes Sediakan Layanan Kesehatan dan Donor Darah

Program “Jumpai Masyarakat, Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat” yang dikenal dengan ”Jum’at Salam” sedang digencarkan Pemerintah Provinsi NTB saat ini sebagai wadah penyerapan aspirasi, keluhan masyarakat dan penerapan solusi nyata berbagai persoalan di masyarakat.

Pada minggu ke-2  Bulan Desember 2023, tepatnya pada Sabtu (16/12), Jum’at Salam diselenggarakan di Kawasan Konservasi TWP Gili Balu, Poto Tano, Sumbawa Barat.  Kegiatan ini dirangkai dengan peringatan Hari Nusantara ke-66 dan HUT NTB ke-65.

Dinas Kesehatan salah satu OPD yang terlibat memberikan pelayanan Kesehatan berupa pemeriksaan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Donor Darah.

Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, bersama Kepala Dinas Kesehatan, Dr. dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM., MARS., dan seluruh perwakilan OPD lain, terjun langsung dalam Program Jumat Salam putaran ke-8 ini.

Kesempatan ini sekaligus menjadi momentum Pj Gubernur meluncurkan Logo “Gili Balu” secara resmi. Gili Balu sebagai proyek unggulan bertujuan mengembangkan potensi pariwisata di KSB yang menargetkan pengembangan pulau kecil di sekitar Poto Tano.

”Saya berterima kasih bagi semua Kepala OPD yang berkesempatan hadir, prioritasnya adalah bekerja dengan sebaik-baiknya, agar apa yang diamanahkan dapat terselenggara dengan baik,” Ungkap PJ Gubernur.

Adapun Hasil dialog Dinas Kesehatan dengan Kepala Desa Poto Tano pada Jum’at Salam ini menunjukkan bahwa penduduk desa tersebut berjumlah sekitar 400 Kepala Keluarga. Dari jumlah penduduk yang ada, semua sudah memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berkat koordinasi Dinas Kesehatan dengan BPJS KSB.

Tidak ditemukan adanya kematian ibu dan bayi di Desa Poto Tano selama 3 tahun terakhir begitu juga dengan pernikahan dini berkat program KIE.

Gerakan penanganan Stunting desa tersebut didukung oleh PKK Desa yang dilaksanakan selama 90 hari, berkoordinasi dengan kader Posyandu. Adapun data stunting tercatat sebanyak 5 orang.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan Provinsi akan terus berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota mengatasi berbagai persoalan, terutama yang berkaitan dengan kesehatan.

Tetap semangat dan salam sehat!

#ntbmajumelaju #ntbsehatdancerdas #JumatSalam #KSB #SumbawaBarat #PotoTano #GiliBalu #AKIAKB #CegahStunting #DinasKesehatan #DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat