4 Desa di Kabupaten Sumbawa Barat Menjadi Lokasi Kunjungan Sero Survei SARS CoV-2

Seksi Surveilans Epidemiologi, Imunisasi dan Kesehatan Bencana Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi NTB beserta Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat dan Puskesmas setempat melakukan kunjungan pelaksanaan Sero Survei yang dimulai dari Desa Poto Tano Kecamatan Poto Tano, Kamis (12/1/2023) dilanjutkan ke Desa Klanir, Kecamatan Seteluk, Jum’at (13/1/2023), Desa Beru dan terakhir di Desa Tepas Sepakat, Kecamatan Berang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Sabtu (14/1/2023).

Sero Survei bertujuan mendapatkan gambaran kekebalan terhadap SARS CoV-2 melalui prosedur wawancara mengenai riwayat gejala, faktor risiko, pengetahuan, sikap dan perilaku terkait Covid-19. Selain itu juga dilakukan pengambilan sampel darah vena oleh petugas kesehatan yang kompeten.

Sero Survei dilakukan juga untuk mendapat gambaran perubahan profil kekebalan terhadap SARS CoV-2 pada masyarakat Indonesia dibandingkan dengan Sero Survei sebelumnya yang telah dilakukan sejak 2021 di Kota Mataram dan KSB. Berdasarkan hasil Sero Survei yang telah dilakukan pada Juli 2022, telah terbentuk 98.5 % Antibodi SAR CoV-2 di Indonesia bagi penduduk di atas 1 tahun, sedangkan khusus penduduk NTB telah terbentuk kadar Antibodi 100%. Ini merupakan kabar menggembirakan bagi seluruh masyarakat khususnya di NTB.

Hasil kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan dan rekomendasi untuk kebijakan pemerintah dalam pengendalian Covid-19.

Tetap jaga protokol kesehatan dan salam sehat!

#DinkesProvNTB #DinkesNTB #SahabatSehat #SalamSehat #HumasSehat