Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Siaga Bencana, Dinas Kesehatan Berikan Pelatihan Pelayanan Kesehatan Dimasa Bencana Kepada Petugas Gizi

Tahun 2018 lalu, NTB di guncang serentetan Gempa Bumi dengan magnitudo mencapai 7 SR. Gempa Bumi yang berpusat di Kabupaten Lombok Utara tersebut telah mengakibatkan ratusan jiwa melayang, rubuan rumah warga hancur, serta satusan ribu orang terpaksa harus di ungsikan. Guncangannya pun dirasakan hingga pulau Bali, Jawa dan Sumbawa.

NTB memiliki sejarah yang panjang tentang kegempaan, Dari sekian banyak Gempa Bumi yang terjadi di NTB sejak dulu, Kabupaten Lombok Utara menjadi daerah rawan yang sering menjadi pusat gempa. Selain bencana Gempa Bumi, Provinsi NTB juga memiliki resiko besar terhadap bencana alam lainnya seperti Gunung Meletus, Tsunami, Banjir Bandang, bahkan bencana non alam seperti krisis kesehatan, wabah virus ataupun krisi sosial masyarakat.

Dari serangkaian bencana yang terjadi di NTB baik bencana alam ataupun bencana non alam, Provinsi NTB terus berbenah dan mempersiapkan diri secara lebih matang untuk menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja.

Salah satu langkah yang saat ini terus diupayakan Pemerintah Daerah NTB adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia tenaga kesehatan. Mengingat peranan mereka yang sangat vital kertika terjadi bencana ataupun krisis kesehatan.

Melalui Dinas Kesehatan Provinsi NTB sebagai instansi yang menaungi peran para tenaga medis, Pemerintah Daerah Provinsi NTB terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan jajaran tenaga medis. tidak hanya untuk kesiagaan terhadap bencana yang bisa terjadi kapan saja, namun juga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar masyarakat NTB.

Pada tanggal 5 – 10 Oktober 2020 lalu, Dinas Kesehatan Provinsi NTB memberikan pelatihan kepada tenaga gizi dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. yang di laksanakan di Hotel Astoria Mataram

Pelaksanaan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan khususnya tenaga gizi agar dapat memberikan layanan yang lebih optimal dan lebih berkwalitas di masa bencana.

Semua materi yang diberikan pada pelatihan berfokus kepada konsep pelayanan kesehatan di masa bencana. Dengan tenaga kesehatan yang terlatih tetunya kita semua berharap NTB selalu siap siaga untuk memberikan perlindungan medis kepada masyarakat NTB. (Humasdikesprov NTB)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.