Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Sinergi Lintas Sektor dan Lintas Program Upaya Tingkatkan Pencapaian Program P2PTM Dinkes NTB

Sejak tahun 2007 PTM sudah menjadi penyebab kematian di Indonesia (59.6%), bahkan dari 10 penyebab kematian utama di Indonesia pada semua kelompok umur, 7 diantaranya merupakan PTM dengan stroke menjadi penyebab pertama.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 terungkap bahwa prevalensi Penyakit Tidak Menular adalah sebagai berikut: hipertensi (25,8%), penyakit gagal jantung (0,3%), Penyakit Gagal Ginjal Kronik (0,2%), tumor/kanker (1,4%), asma (4,5%),  diabetes mellitus (2,1%), dan stroke (12,1%). Selain itu kecelakaan lalu lintas di darat mencapai angka yang sangat tinggi (47,7%).

Dinas Kesehatan Provinsi NTB mempunyai tugas pokok memandirikan masyarakat untuk hidup sehat melalui pengendalian faktor risiko penyakit tidak menular. Implementasi kegiatannya lebih diprioritaskan pada pencegahan dini antara lain awareness, edukasi Gaya Hidup Sehat , melalui upaya pencegahan faktor risiko (FR) PTM. Namun pada pelaksanaannya berbagai permasalahan yang ada di lapangan menjadi penghalang untuk tercapainya indikator Program P2PTM. 

Untuk itu Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Seksi P2PTM Bidang P2P menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi LS/LP Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Tingkat Provinsi NTB selama 3 hari mulai tanggal 13 – 15 Oktober 2021 di Hotel Aston Inn Mataram dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri MM., MARS.

Kegiatan ini diikuti oleh 41 orang peserta  yang terdiri dari 20 orang peserta dari  Seksi dan Pengelola Program P2PTM di 10 Kabupatan/Kota , dari lintas program 11 orang dan 10 orang dari lintas sector di 10 Kabupaten/Kota, dengan narasumber dari Pusat, Dinas Kesehatan Provinsi, BAPPEDA Provinsi dan BPJS Kesehatan.

Dengan diselenggarakanya kegiatan ini diharapkan  dapat tersusunnya strategi dalam mengatasi kendala atau permaslahan terkait pelaksanaan Program P2PTM serta membangun sinergi  dan terwujudnya komitmen antara lintas Sektor dan lintas program dalam upaya meningkatkan pencapaian Program P2PTM.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.