Sosialisasi Assesesment Calon Peserta Program Percepatan Pendidikan Nakes Tahun 2018

Mataram, 29 Juni 2018. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 36 tahun 2014, kualifikai minimal bagi tenaga kesehatan diluar tenaga medis adalah Diploma II bidang kesehatan. untuk itu pemerintah sudah menyiapkan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan bagi tenaga kesehatan yang belum Diploma III melalui Program Percepatan Pendidikan Bagi Tenaga Kesehatan. Program tersebut dilaksanakan dengan mengakui capaian pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Menindaklanjuti hail pertemuan Konsolidasi dan Intergrasi Penyelenggaraan Program Percepatan Pendidikan Tenaga Kesehatan Tahun 2018 yang telah dilaksanakan di Hotel Crowne Plaza pada tanggal 25-28 April 2018, bahwa Program Percepatan Pendidikan Tenaga Kesehatan melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk Program Pendidikan DIII Kesehatan Lingkungan dan Program Pendidikan DIII Perawat Gigi tidak dapat dilaksanakan oleh institusi penyelenggara pendidikan kesehatan yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI nomor 113/M/KPT/2017 maka RPL untuk Program Pendidikan DIII Kesehatan Lingkungan dan Program Pendidikan DIII Perawat Gigi diselenggarakan oleh Politeknik Kesehatan Kupang. Calon Peserta yang akan mengikuti RPL dari Provinsi Nusa TEnggara Barat sesuai dengan quota yang telah ditetapkan yaitu :

a. Program Pendidikan DIII Kesehatan Lingkungan sebanyak 39 Orang

b. Program Pendidikan DIII Perawat Gigi sebanyak 54 Orang

Menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Rencana Pelaksanaan Program Percepatan Pendidikan Nakes melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Politeknik Kesehatan Kupang di Maumere tanggal 8 Juni 2018, maka pada hari jum’at, 29 Juni 2018 telah dilaksanakan Diseminsasi Informasi dan Sosialisasi Penyelenggaraan RPL kepada calon peserta RPL tahun akademik 2018 di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Pengarahan sekaligus Pembukaan Plt Kepala Dinas KEsehatan Provinsi NTB Bapak Marjito, S.Si, SKM, M.Kes

Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah tersosialisasikannya rencana pelaksanaan RPL untuk Program Pendidikan DIII Kesehatan Lingkungan dan DIII Perawat Gigi sekaligus persiapan pelaksanaan asesment yang akan dilaksanakan oleh Politeknik Kesehatan Kupang. Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Kepala Dinas Bapak Marjito, S.Si, SKM, M.Kes

        

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook