Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Sosialisasi Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2019 di Kabupaten Sumbawa.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengundang 20 kepala desa se Kab. Sumbawa untuk melakukan sosialisasi dan advokasi penggunaan dana di bidang kesehatan. Pertemuan dilakukan di Aula Koperasi Bhakti Husada Kab. Sumbawa pada hari Selasa, 9 Juli 2019. Kepala desa mendapatkan informasi tentang isu prioritas pembangunan kesehatan, pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dan pembangunan kesehatan melalui APBDes di Kabupaten Sumbawa dari 3 Narasumber yaitu Kepala Dinas PMD Kab. Sumbawa, Kepala Bidang Kesmas Dikes Kab. Sumbawa dan fasilitator dari Dinas Kes. Provinsi NTB.

Forum ini bertujuan menyamakan persepsi dan melahirkan rekomendasi tentang pemanfaatan dana desa untuk kesehatan, ujar dr.Hj. Nita, Kabid Kesmas Dikes Sumbawa. Ditegaskan kembali oleh fasilitator provinsi, Dharma Cakra,SKM,MPH bahwa pertemuan bukan untuk mengintervensi kewenangan Kades dalam mengeksekusi dana desa, tetapi mengajak kades mencermati perilaku dan lingkungan yang tidak sehat di desa yang menimbulkan ancaman masalah penyakit serta bagaimana memenuhi hak dasar kesehatan masyarakat desa melalui potensi yang ada di desa. Melalui diskusi dihasilkan beberapa rekomendasi yaitu:

  1. Dinas PMD dan dinas kesehatan melakukan sinkronisasi menu kesehatan dengan aplikasi siskodes.
  2. Perlu peningkatan kapasitas perangkat desa agar kebutuhan kesehatan disuarakan saat musdus maupun musdes.
  3. Bangunan Pustu yang kondisinya rusak agar diserahkan ke pemerintah desa agar dapat direhab dengan dana desa.
  4. Pemerintah desa siap mengalokasikan dana desa untuk kegiatan kesehatan yang juknisnya jelas.

Acara ditutup oleh Kabid Kesmas Dikes Sumbawa dengan menegaskan kembali kewajiban pemerintah desa dalam mengupayakan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sesuai amanat UU No.36/2009 tentang kesehatan.

Dokumentasi Kegiatan :

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.