Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

”SPGDT” Respon Cepat dan Tepat Penanggulangan Gawat Darurat di Kabupaten Lombok Utara

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) memadukan penanganan gawat darurat mulai dari tingkat pra rumah sakit sampai tingkat rumah sakit dan rujukan antara rumah sakit dengan pendekatan lintas program dan multisektoral. Penanggulangan gawat darurat menekankan respon cepat dan tepat dengan prinsip Time Saving is Life and Limb Saving.

Public Safety Care (PSC) sebagai ujung tombak safe community adalah sarana publik/masyarakat yang merupakan perpaduan dari unsur pelayanan ambulans gawat darurat, unsur pengamanan (kepolisian) dan unsur penyelamatan. PSC merupakan penanganan pertama kegawatdaruratan yang membantu memperbaiki pelayanan pra RS untuk menjamin respons cepat dan tepat untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan, sebelum dirujuk ke Rumah Sakit yang dituju.

Untuk itu, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Hurnain Akmal, SKM.,M.Kes., beserta Tim melakukan rangkaian kunjungan dalam rangka monitoring dan evaluasi  Sistem Pelayanan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) meliputi evalusai PSC (Public Safety Center) dan aplikasi SISRUTE (Sistem Rujukan Terintegrasi) yang ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Provinsi NTB yang di awali dengan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara pada hari Kamis (30/06/2022).

Hasil Monitoring dan Evaluasi didapatkan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara sudah memiliki PSC yang siap untuk difungsikan sebagai pertolongan pertama bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis dengan cepat. Selain itu Tim Medis yang ada di PSC Kabupaten Lombok Utara juga sudah memenuhi standar untuk pelayanan karena memiliki tenaga dokter dan perawat serta driver ambulance yang siap membantu masyarakat dalam pelayanan medis khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Utara.  

Dinas Kesehatan Lombok Utara juga sudah bekerja sama dengan jaring dan jejaring ke setiap ambulance di seluruh desa yang ada di wilayahnya, dan juga sudah menyebarkan informasi ke masyarakat melalui media social seperti Facebook dan Whatsapp. Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bantuan PSC 119, masyarakat juga bisa menghubungi nomor kontak langsung PSC 119 Kabupaten Lombok Utara  untuk mendapatkan penanganan medis dengan cepat.

Selanjutnya Terkait dengan aplikasi SISRUTE (Sistem Rujukan Terintegrasi) sebagai media komunikasi dan informasi yang menghubungkan data pasien dari Puskesmas ke Rumah Sakit (horizontal maupun vertical).  Aplikasi SISRUTE di Kabupaten Lombok Utara sudah terlaksana dengan baik, hampir di seluruh puskesmas dan Rumah Sakit.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.