Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

”STRONGER” Perkuat dan Optimalkan Peran Posyandu Keluarga dan Kader  Dalam Peningkatan Kesehatan

Project STRONGER merupakan suatu project yang didanai oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme (AGS) yang diadministrasikan oleh Australia Awards in Indonesia. Project ini bertujuan untuk memperkuat kader dan posyandu keluarga untuk mengoptimalkan perannya dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat dan juga merupakan program unggulan dari Pemerintah Provinsi NTB.  Lokasi utama dari project ini adalah wilayah kerja Puskesmas Penimbung yang terdiri dari 8 desa dan 44 posyandu keluarga.

Dalam rangka memperkuat kader dan posyandu keluarga untuk mengoptimalkan perannya dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Penimbung, dilaksanakan Pelatihan Kader Posyandu Keluarga “Stronger” yang difasilitasi oleh Pengelola Program Promkes/Gizi Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Jayakarta, Senggigi, dan diselenggarakan hari ini, Senin (25/7), hingga Selasa (26/7).

Pelatihan kader ini diikuti oleh 88 kader yang berasal dari  seluruh posyandu keluarga  berjumlah 44 posyandu keluarga di 8 Desa Wilayah Kerja Puskesmas Penimbung dan dilaksanakan selama 2 hari, dimana hari pertama  kader akan mendapatkan pengetahuan secara teoritis dan di hari kedua akan dilakukan simulasi posyandu keluarga secara praktik.

Harapannya, melalui pelatihan ini, kader di Wilayah Kerja Puskesmas Penimbung dapat menjadi contoh dalam implementasi posyandu  keluarga yang komprehensif dan sesuai dengan konsep serta SOP pelaksanaan posyandu keluarga.  Kader diharapkan mengetahui dan melaksankaan perannya dalam manajemen posyandu keluarga dari langkah 1 hingga langkah 5.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.