Study Banding Dinas Kesehatan Provonsi Kalimantan Selatan ke Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi kalimantan Selatan Dr. H. Muhamad Muslim, SPd.MKes bersama 26 orang timnya yang terdiri dari 9 tenaga tenaga kesehatan teladan melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Jum’at, 13 Desember 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan timnya di terima oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi.Sp.A., MPH di Aula Rapat Bhakti Husada.

Kunjungan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan tersebut dalam rangka pembelajaran tentang inovasi pemenang ke – 1 tenaga kesehatan teladan si puskesmas tingkat pusat oleh dr. Sapto Sutardi dari Puskesmas Sekotong Kabupaten Lombok Barat.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dr. H. Muhamad Muslim, SPd.MKes mengatakan. Banyak hal yang ingin di contoh dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dan yang paling utama adalah semangat juang dan pantang menyerah yang di tunjukkan Dinas Kesehatan Provinsi NTB, meski Provinsi NTB berada pada kondisi tertekan pasca di landa bencana Gempa Bumi hebat beberapa waktu yang lalu namum semua itu tidak mengurangi kinerja Pemerintah Daerah Provinsi NTB khusunya Dinas Kesehatan.

Salah satu inovasi yang menjadi perhatian Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan selatan adalah Inovasi dalam menekan angka stunting, dimana inovasi yang di kembangkan salah satu Nakes Teladan asal Provinsi NTB dr. Sapto mendapatkan peringkat pertama tingkat Nasional yang mengembangkan aplikasi pendataan stunting berbasis Android.

Aplikasi tersebut di beri nama dr. Sapto-Anthro. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu pemantaun standar pertumbuhan balita dan anak-anak di bawah 19 tahun menurut WHO. Selain snagt mudah untuk digunakan aplikasi dr.sapto-anthro memiliki tingkat akurasi yang cukup baik, keunggulan tersebut yang membawa dr. Sapto (pengembang aplikasi) mendpatkan peringkat pertama tingkat nasional pad lomba nakes teladan beberapa waktu yang lalu. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis pada Playstore.

Aplikasi ini cukup mendapat antusias dari para Nakes Teladan dari Provinsi Kalimantan. dr. Sapto sendiri mengatakan Aplikasi dr. Sapto-Anthro masih akan dikembangkan. Sebagaimana kita ketahui bersama bawa stunting merupakan salah satu permaslahan yang menjadi fokus pemerintah saat ini. Kehadiran aplikasi dr.Sapto-Antro tentu memberikan banyak manfaat untuk mendukung program pemerintah.

Kunjungan di akhiri dengan pertukaran cendramata antara Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB serta sesi foto bersama.

Dokumentasi Kegiatan :

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook