Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Stunting salah satu masalah kesehatan yang urgen

Stunting menjadi salah satu masalah kesehatan yang urgen ditangani oleh semua pihak, mengingat stunting menyebabkan berbagai masalah serius bagi generasi bangsa di masa mendatang. Anak stunting produktifitasnya rendah, kesulitas berprestasi karena IQ rendah dan rawan menderita penyakit.

Untuk itu pada hari Kamis, 21 Februari 2019 Tim Promosi Kesehatan Bergerak Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan pembinaan dan kampanye Germas dalam rangka penanggulangan stunting di Posyandu Mekar Indah Desa Tanak Beak Puskesmas Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah.

Masyarakat di Posyandu ini merupakan terdampak gempa bumi bulan Agustus yang lalu. Jumlah sasaran posyandu sebanyak 35 balita. Kegiatan yang dilakukan antara lain penyuluhan tentang Germas dan Stunting. Ibu-ibu balita juga diberikan edukasi tentang isi piringku menggunakan media.

Pada kesempatan ini dilakukan dialog dengan ibu-ibu balita tentang pengalaman dan kesulitan dalam pemberian makan kepada bayi dan balitanya. Ibu-ibu balita bisa saling berbagi pengalaman tentang cara mengasuh bayi dan balita agar bayi dan balita menjadi sehat dan terhindar dari stunting.

Tim mendapat pengalaman menarik terkait ada seorang balita yang kurus diasuh oleh neneknya karena ibu kandungnya pergi ke Malaysia menjadi TKW. Tim juga melakukan kampanye makan buah dengan makan buah bersama. Pada akhir acara ibu-ibu balita, kader posyandu dan Kepala Dusun setempat diberikan baju germas.

Foto Kegiatan :

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.