Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Sumpah Profesi dan Pengukuhan Penngurus Cabang PPPKMI, Wujudkan Transformasi Bidang Kesehatan yang Optimal

Pelaksanaan Sumpah Profesi & Pengukuhan Pengurus Cabang PPPKMI (Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia) NTB, Sabtu (27/08) di Aston Inn Mataram berjalan lancar.

Sumpah profesi ini merupakan salah satu bagian penting dari transformasi bidang kesehatan  yang diinisiasi oleh Menteri Kesehatan. Peningkatan SDM termasuk Promotor Kesehatan cukup penting untuk mendukung langkah preventif dan promotif melalui transformasi layanan primer dan layanan rujukan rumah sakit, karena sesuai dengan tupoksinya.

Dalam sambutan yang disampaikan dr.Fikri selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, untuk mewujudkan transformasi bidang kesehatan yang optimal, diperlukan SDM yang cakap dan mempunyai kapasitas, kompetensi dan tentunya legalitas untuk menjawab tantangan zaman, sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya di NTB dan di Indonesia pada umumya.

“Saya harap para Promotor Kesehatan mampu memainkan peran yang tepat dalam rangka percepatan penurunan Stunting, yang saat ini menjadi momok dan tantangan di bidang kesehatan, untuk membangun masyarakat yang sehat dan mandiri.” Lanjut beliau.

“Terakhir pesan saya, khususnya kepada teman-teman di NTB, jadikanlah Posyandu Keluarga yang sudah hampir 100% itu sebagai centre of education atau pusat pendidikan masyarakat, tidak hanya bidang kesehatan tetapi juga program pemerintah provinsi lainnya. Seperti Desa Bebas Perkawinan Anak, Desa Bebas Kekerasan Anak, Desa Wisata, Zerro Waste, NTB Hijau, 1.000 Cendekia dan Industrialisasi.” Tutupnya.