Tak Banyak Terdanai, Program Kesjaor Dikes Lobar Maksimalkan Inovasi dan Kerjasama

Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Tim Kesjaor Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat melakukan pembinaan dan monitoring ke Dinas Kesehatan Kab. Lombok Barat pada hari Selasa, 25/8/2020. Dalam kesempatan tersebut dipaparkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan bahwa program Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesjaor) Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat tak banyak yang terdanai. Terlebih dimasa pandemi Covid-19, hampir semua anggaran DPA Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat direfocusing untuk pembiayaan penanganan Covid-19.

Dengan adanya program pengembangan Kesjaor yang harus dilaksanakan, maka Dikes Lobar berupaya memaksimalkan pelaksanaan program melalui inovasi kegiatan yang sudah berjalan, seperti pembentukan komitmen kerjasama dengan lintas OPD setempat untuk kegiatan test kebugaran secara mandiri bagi ASN kantor tersebut.

Pendampingan juga telah dilakukan kepada puskesmas yang berada di wilayah kerjanya untuk pencegahan Covid-19 di faskes dengan membentuk alur layanan yang memadai, dan screening awal pada tenaga kesehatan.

Selain kunjungan pembinaan ke Dinas Kesehatan Lombok Barat, Tim Dikes Provinsi pada hari itu juga mengunjungi Puskesmas Gerung. Di wilayah kerja Puskesmas Gerung terdapat 2 Pos UKK, yakni Pos UKK nelayan dan budidaya jamur tiram. Pembinaan kedua Pos UKK tersebut dalam masa pandemi Covid-19 lebih ditekankan kepada upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui sosialisasi, edukasi protokol kesehatan dan juga pembagian masker. Sementara untuk pemutusan rantai penyebaran Covid-19 di lingkup puskesmas Gerung, telah dilakukan test rapid dan swab PCR bagi seluruh tenaga kesehatannya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook